205 Dosis Vaksin Covid-19 Anak Disuntikan Di SD Tiakur.

Berita226 Dilihat

Investigasi bhayangkara Indonesia MBD : Menurut Ibu Kepala sekolah SD Negeri Tiakur “Tabita Tiau,S.Pd.” Akselerasi Vaksinasi Covid-19 gencar dilakukan oleh pemerintah pusat demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) pada masyarakat Indonesia. Dan pada khususnya wilayah kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dimana tingkat Vaksinasi sudah berada pada capaian 70%. Vaksin yang disalurkan mulai dari usia 12 tahun hingga lansia. Kini, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan kepada anak 6-11 tahun yang berbeda pada jenjang pendidikan SD. “Tandasnya (08/01/2022).

Pemerintah Kabupaten MBD menjalin kerjasama yang baik dengan FORKOMPINDA, yang manah telah melaksanakan akselerasi vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun dan dari awal tahun 2022 di beberapa sekolah dasar salah satunya SD Tiakur pada bulan Januari diawali dengan kegiatan sosialisasi bagi orang tua dan siswa-siswi. Dalam sosialisasi tersebut ada perdebatan dan pertanyaan-pertanyaan orang tua murit yang memang cenderung terpengaru dengan berita-berita yang tersebar di media sosial.
Namun setelah mendengarkan penjelasan dari petugas medis/dokter makah orang tua murit mulai sadar akan pentingnya vaksinasi bagi anak-anak mereka, sehinga dengan kesadaran membawah anak-anak mereka di vaksin. Memang ada satu hal yang menjadi perdebatan orang tua murit dengan medis yaitu terkait surat pernyataan yang mana menerangkan bahwa dikemudian terjadi sesuatu setelah disuntik vaksin makah segalah resiko yang terjadi di tangung oleh orang tua murit sendiri. hal ini tidak menjadi hambatan karena orang tua murit dengan rela membawah anak-anaknya untuk vaksin walapun tidak menandatagani surat pernyataan yang sudah tersedia. “Pungkasnya.

Menurut data jumlah keseluruhan siswa-siswi kelas 1 – 6 SD Tiakur kurang lebih 648 siswa, makah kegiatan vaksinasi dapat dilakukan beberapa hari kedepannya. Untuk itu data di hari pertama ini jumlah siswa yang telah bersedia di vaksin sebanyak 205 orang dari 648 siswa.

Harapan kami sekiranya SD Tiakur dapat menjadi cermin/contoh bagi sekolah-sekolah yang berada di MBD dan bersama Pemda untuk menyukseskan program peningkatan Herd Immunity bagi anak-anak usia 6-11 tahun, agar supaya siswa-siswi SD sehat tangguh dalm mengihkuti proses belajar mengajar tatap muka pada semester 2 ini.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan oleh 7 orang petugas RSUD Tiakur antara lain 4 petugas vaksinator dan tiga orang screening serta didampingi oleh anggota polres MBD.
Adapun pemberian dosis kedua akan dilakukan 28 hari kedepan dengan jenis vaksin yang sama yaitu Sinovac 0,5 ml.
***JQ27