50 Miliyar!! Pj Bupati Meurah Teken Komitmen KUR Khusus Sektor Pertanian

Berita Hari Ini141 Dilihat

Padang – Sebanyak Rp. 50 milyar Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian siap disalurkan bagi petani di Bumi Muda Sedia. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya komitmen penyaluran KUR bagi petani oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, pada Minggu (11/6/23) di Padang.

Pj. Bupati Meurah yang menandatangani setibanya di Padang mengatakan, dirinya mengapresiasi Mentan SYL yang memberikan kuota KUR bagi petani Aceh Tamiang. Meurah berharap para petani dapat memanfaatkan dana KUR untuk mengembangkan usahatani mereka.

Namun, kata Pj. Bupati Meurah lagi, ia mewanti-wanti supaya kuota yang besar itu diawasi secara cermat dan ketat penyalurannya.

“Para penerima manfaat KUR ini pastikan benar-benar petani. Awasi secara cermat supaya pemanfaatannya bisa optimal untuk mengembangkan usaha para petani kita,” pesannya kepada Kadistanbunnak, Safuan.

Penandatanganan komitmen penyaluran KUR bagi petani merupakan rangkaian perhelatan akbar empat tahunan Pekan Nasional Petani Nelayan ke XVI Tahun 2023 yang digelar di Kota Padang, Sumbar.

Pekan Nasional Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Lebih dari 100 peserta dilepas Sekretaris Daerah, Drs. Asra, pada Kamis (8/6) untuk mengikuti Penas Petani Nelayan ke XVI Tahun 2023 yang digelar di Padang, Sumatera Barat dari tanggal 10 Juni–15 Juni. Para peserta terdiri dari para pengurus Kelompok KTNA, petani, dan penyuluh dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Ada pun tema yang diambil dalam gelaran Penas Tahun 2023 ini “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Sejumlah agenda utama kegiatan Penas di antaranya Rembug Madya dan Rembug Utama KTNA Nasional, Temu Profesi, Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Pameran dan Expo Pertanian, Gelar teknologi, Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil, Studi Banding dan Pagelaran Seni Budaya Nusantara serta puncaknya, pemberian penghargaan kepada para pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian.