Aipda Muhammad Aliudin, SH Polisi Berprestasi Pembuat Majalah Tri Brata News Polda Sumsel

SUL-SEL271 Dilihat

Investigasibhayangkara.com Sumsel-Palembang

Sosok dibalik tetap eksisnya majalah Tri Brata News Polda Sumsel yang Sering Wara-Wiri mencari dan menulis berita Kegiatan dan keberhasilan Polda Sumsel dan Polres jajaran Polda, Ternyata personel yang Ulet dan sabar yaitu Aipda Muhammad Aliudin, SH.

Polda Sumsel dan Polres jajaran selalu melakukan kegiatan internal dan eksternal, baik itu kegiatan yang dilakukan pejabat utama dan personel Polda Sumsel maupun Polres jajaran dalam rangka Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) dan lain sebagainya.

Seperti Instansi pemerintah pada umumnya, kegiatan yang dilakukan personil dan pejabat utama Polda Sumsel serta Polres tentunya dibuat dan disusun menjadi sebuah dokumen yaitu Majalah yang diberi nama Majalah Tri Brata Newa Polda Sumsel.

Tak harus mencari jauh-jauh dari luar instansi untuk membuat majalah, karena di internal Polda Sumsel sendiri ada personel yang ahli yaitu Aipda Muhmaad Aliudin, SH yang mana sering muncul mencari dan membuat berita untuk setiap kegiatan yang dilakukan Personil dan Pejabat Polda Sumsel.

Awalnya bingung dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu untuk membuat Majalah Tri Brata News Polda Sumsel tapi karena pengalaman 6 Tahun menjadi Pemeriksa dan Penyidik Unit Reskrim Polsek Tanjung Raja Polres Ogan Ilir dan mencoba terus sambil belajar, akhirnya bisa membuat Majalah.

Selain itu juga sering koordinasi dengan pimpinan redaksi dan wartawan media cetak dan elektronik yang ada di polda sumsel dan di instansi lainnya tapi tentunya kegiatan itu dilakukan diluar jam dinas” kata Aipda Muhammad Aliudin, SH.

Aipda Muhammad Aliudin, Sh merupakan Polisi yang sudah 11 Tahun bertugas di Subbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel.

Sebelum bertugas di Bid Humas Polda Sumsel, Aipda Muhammad Aliudi,SH bertugas di Polsek Tanjung Raja Polres Ogan Ilir sebagai Penyidik Unit Reskrim.

Memulai karir sebagai anggota kepolisian pada tahun 2004 lalu usai menyelesaikan pendidikan di bangku MAN tepatnya di MAN 3 Palembang, M.Aliudin, Sh langsung dinyatakan lulus menjadi anggota kepolisian. Dan memulai awal karir pertama kali berdinas di Samapta Polres Oki pada tahun 2004.

“Lalu pada Oktober 2004 Terbentuknya Polres Ogan Ilir, maka saya pindah ke Polres Ogan Ilir menjadi anggota SPK sekaligus anggota jaga karena waktu itu personel Polres Ogan Ilir masih sedikit. Tapi di SPK tersebut hanya 6 bulan karena keinginan menjadi penyidik sudah tertanam didalam hati ketika Pelatikan menjadi Brigadir Polri maka saya langsung pindah Polsek Tanjung Raja menjadi Penyidik, Disana kurang lebih selama 5 tahun hingga 2010,” kata Ali (panggilan akrab) saat ditemui kesibukan membuat Majalah di Bid Humas Polda Sumsel, Kamis (28/10/2021).

Setelah itu, beliau ditugaskan ke Itwasda Polda Sumsel pada tahun 2010 selama kurang lebih 4 bulan sebelum kemudian paad Bulan Februari 2011 Aipda Muhammad Aliudin, Sh baru ke Bid Humas Polda Sumsel,” kata perempuan kelahiran Palembang, 18 April 1983 ini.

Dikatakan laki-laki yang lahir dari keluarga yang kesehariannya warung sembako ini, selama bertugas banyak hal-hal yang membuatnya miris dan iba saat menyidik suatu kasus. Terlebih saat dirinya ditempatkan di Reskrim Polsek Tanjung Raja.

“Berbagai kasus sudah ditangani, mulai dari penganiayaan ringan, Penganiayaan Berat hingga penganiayaan yang berakibat korban meninggal dunia (pembunuhan) sudah pernah diperiksa. Dari menerima laporan polisi hingga penyerahan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan (P21). Selain itu ada kasus pembunuhan paman yang dilakukan oleh keponakannya sendiri, secara pribadi iba melihat kasus seperti itu.
Sempat emosi namun tidak terpancing dan kita lakukan pendekatan emosional agar pelaku mau memberikan keterangan sesuai dengan apa yang terjadi,” kata bapak 2 anak ini yang menikah dengan Lismariah yang bekerja di Puskesmas Kerinjing Kabupaten Ogan Ilir.

Hal yang paling berkesan selama berdinas, dikatakan Muhammad Aliudin, Sh yakni saat pertama kali membuat Majalah Tri Brata New Polda Sumsel pada bulan Februari 2011. Karena dari Penyidik yang biasa menghadapi korban hingga penjahat tindak pidana dan membuat berkas perkara tindak pidana menjadi wartawan yang mencari dan membuat berita hingga membuat majalah.

Tanpa terasa sudah 11 Tahun Aipda Muhammad Aliudin, SH membuat majalah Tri Brata News Sumsel mulai dari bulan Februari tahun 2011 sampai sekarang tahun 2021. Atas dedikasi dan loyalitas tinggi Dalam Pelaksanaan Tugas sebagai editor majalah Tri Brata News Sumsel tersebut Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, S, MM memberikan Piagam penghargaan yang diberikan pada 4 Januari 2021, Aipda Muhammad Aliudin, Sh menceritakan bahwa Pada bulan Juni 2020 menjadi editor buku kegiatan Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, S, MM selama 100 hari menjabat Kapolda Sumsel. Kemudian pada bulan Desember 2020 menjadi editor buku profil Polda Sumsel dan pa bulan Januari 2021 menjadi editor buku Marching Band Polda Sumsel

Walaupun 3 sudah kali gagal dalam seleksi Sekolah Inspektur Polri (SIP) mulai dari tahun 2019 (SIP Angkatan 48), lalu Tahun 2020 (SIP Angkatan 49 ) dan Tahun 2021 (SIP Angkatan 50), Tapi Aipda M. Aliudin, SH tetap semangat membuat Majalah Tri Brata News Polda Sumsel.

Aipda Muhammad Aliudin, SH memohon doa dan dukungan semoga pada tahun depan yaitu tahun 2022 (SIP Angkatan 51) akan lulus dan terpilih untuk mengikuti pendidikan SIP Angkatan 51 tahun 2022, agar nantinya kedepan dapat mengembangkan karir dan bakat serta kemampuannya untuk memberikan pelayanan dan kinerja terbaiknya untuk masyarakat dalam membangun citra Polri yang semakin dipercaya oleh warga. (Amru IBI).