Antisipasi Inflasi dan Krisis Pangan Tahun 2024, Ini Langkah Bupati Sanggau Paolus Hadi

KAL-BAR252 Dilihat

Untuk mencegah dan mengantisiapasi ancaman krisis pangan di Kabupaten Sanggau tahun 2024 mendatang, Bupati Paolus Hadi mengungkapkan sedang merancang anggaran untuk melakukan berbagai upaya antisipasi.

“Kita juga mengantisipasi kedepan terjadinya kemarau panjang yang menyebabkan gagal panen. Kita punya waktu satu tahun ini untuk kita rencanakan (anggarkan) dengan baik sehingga 2024 jangan sampai beras yang menjadi bahan pokok kita kemudian menjadi masalah di masyarakat kita,” kata Bupati Paolus Hadi usai menghadiri gerakan pangan murah di pasar Seroja, Senin 26 Juni 2023.

Diungkapkan Bupati, musim kemarau yang berpotensi terjadi di tahun depan menyebabkan panen petani menurun, bahkan sampai ada yang gagal panen.

“Yang perlu saya sampaikan bahwa pasar murah menjadi gerakan kita bersama setiap tahun, tinggal namanya, yah semuanya tentu untuk menekan inflasi. Dan Pemerintah daerah, saya juga sedang merancang ya kita juga punya anggaran untuk melakukan gerakan pasar murah. Dulu kita dapat dukungan pemerintah pusat dalam bentuk subsidi melalui Dana Insentif Daerah (DID), coba kita lihatlah APBD kita ya paling tidak dimomen hari raya bisa kita lakukan,” ungkap PH sapaan akrab Bupati Paolus Hadi.

Menanggapi pernyataan Bupati Paolus Hadi tersebut, Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop dan UM) Kabupaten Sanggau Andy Gustami menyampaikan, sebagai stafnya Bupati.tentu pihaknya siap menjalankan program yang sudah disusun Bupati.