Antisipasi Karhutla, Polres Jepara Gelar Rakor dengan Instansi Terkait

Berita Hari Ini131 Dilihat

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—•๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฐ๐—ผ๐—บ
๐—๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ป๐—ด โ€“ Polres Jepara menggelar rapat koordinasi (Rakor) pembentukan Satgas penanggulangan karhutla diwilayah Kabupaten Jepara yang berlangsung di Aula Mapolres Jepara, Selasa (22/8/2023).ย 

Dalam kegiatan ini dihadiri diantaranya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepala BPBD Kabupaten Jepara Drs. Arwin Noor Isdiyanto, perwakilan dinad kehutanan, Satpol PP, dinas pertanian, pejabat utama Polres Jepara dan perwakilan masing-masing dinas terkait. 

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, bahwa dengan diadakannya rapat koordinasi, untuk menyinergikan gerak dan langkah dari seluruh pemangku kepentingan dalam pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Jepara.

โ€œMari samakan persepsi dan menyinergikan gerak dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan sebagai komitmen bersama untuk mencegah kebakaran diwilayah Kabupaten Jepara,โ€ ujarnya.

Kapolres menjelaskan, dimana saat ini dunia sudah memasuki iklim kemarau atau kekeringan yang dapat berdampak pada kebakaran di suatu lokasi. โ€œDiwilayah Kabupaten Jepara terdapat beberapa lokasi yang terpantau kekeringan sehingga perlu kita antisipasi bersama guna mencegah terjadinya kebakaran,โ€ ujarnya.

โ€œDampak dari iklim El Nino ini cukup signifikan, sehingga dengan dilaksanakan rakor yang melibatkan stakeholder terkait dapat bersama-sama untuk bersiap siaga antisipasi karhutla,โ€ sambung AKBP Wahyu.

Kapolres juga mengajak agar menyiapkan diri dan siap siaga apabila terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Jepara. โ€œMari bersama-sama menyiapkan diri, siap siaga apabila terjadi kebakaran diwilayah kita,โ€ katanya.

Lanjut mantan Kapolres Sukoharjo ini mengajak untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati apabila melakukan hal-hal yang berkaitan dengan api.

Orang nomor satu di Polres Jepara itu juga berharap agar kedepannya bisa bersinergi kepada kelompok masyarakat. โ€œKita bisa bersinergi kepada kelompok masyarakat yang memiliki alat-alat tertentu untuk dapat membantu memadamkan apabila terjadi karhutla,โ€ tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono menyampaikan, bahwa Polres Jepara telah bekerja dengan maksimal untuk melakukan pencegahan terjadinya karhutla dengan melaksanakan imbauan dan sosialisasi  melalui Bhabinkamtibmas Polres Jepara, Media Polres Jepara dan Whatsapp Blasting โ€˜Sirajuโ€™.

Kompol Sutono menambahkan, bahwa Polres Jepara rencananya akan membentuk satgas siaga bencana, pemetaan daerah rawan bencana khususnya karhutla dan penguatan kegiatan sosialisasi.

โ€œDengan pembentukan Satgas ini diharapkan dapat mencegah terjadinya karhutla diwilayah Kabupaten Jepara,โ€ tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Jepara Drs. Arwin Noor Isdiyanto mengatakan, bahwa terkait dengan karhutla yang mengancam diwilayah Kabupaten Jepara di dukung oleh cuaca yang sangat extrem (kering). โ€œOleh karena itu, BPBD siap bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk bersama-sama bertanggung jawab untuk mencegah karhutla diwilayah Kabupaten Jepara,โ€ ujarnya.

๐—ฅ๐—ต๐—ฎ๐—บ/ ๐—ฅ๐—ฒ๐—ฑ
(๐—ฉ๐—ถ๐—ผ ๐—ฆ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ hms)