oleh

Arus Balik Mudik, Aparat TNI Polri Cilacap Lakukan Pantauan dan Penjaringan Covid-19 Disejumlah Wilayahnya

InvestigasiBhayangkaraIndonesia.Cilacap – Puncak arus balik mudik pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah sudah dimulai sejak hari Sabtu, Minggu dan hari Senin kemarin. Segenap Aparat Gabungan TNI Polri Cilacap dan Instansi terkait lainnya pun intens melakukan pemantauan dan penyekatan di Posko Pengamanan dan Penjaringan Covid-19 di sejumlah wilayahnya seperti Pos Mergo, Patimuan, Jetis dan wilayah Sampang. Kegiatan tersebut terus dilakukan hingga saat ini, Selasa (2/6/20).

Di wilayah perbatasan yang menjadi pintu masuknya ke wilayah Kabupaten Cilacap, aparat gabungan yang tergabung dalam Satgas Penjaringan Covid-19, melakukan sweeping terhadap para pengguna jalan baik yang datang dari luar kota maupun yang akan keluar kota. Mereka melakukan pemeriksaan baik surat kendaraan, pengecekan kesehatan maupun razia penggunaan masker.

Bahkan beberapa kendaraan yang akan berangkat menuju Jakarta, harus putar balik dikarenakan mereka tidak menunjukkan surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) dan bukti hasil tes swab kesehatan serta surat dinas dari instansi atau perusahaan. Bagi mereka yang tidak menggunakan masker, aparat gabungan memberikan masker sekaligus memberikan edukasi kepada mereka tentang pentingnya masker guna menghindari penyebaran Covid-19.

” Pasca lebaran, kita bersama aparat terkait lainnya rutin melakukan pemantauan di sejumlah wilayah perbatasan pintu masuk Cilacap. Selain untuk menjaring dan mengantisipasi akan penyebaran Covid-19, kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dan kelengkapan surat lainnya bagi mereka yang akan kembali menuju Jakarta ataupun kota-kota besar lainnya, “terang Danramil 07/Maos Kapten Inf. Joko Yunanto.

Menurut salah satu Danramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap tersebut mengatakan bahwa selain kepada mereka para pengguna jalan, kegiatan razia penggunaan masker juga dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti Mall, Pasar dan sejumlah tempat perbelanjaan lainnya. ” Kita himbau mereka untuk selalu menggunakan masker dan sebisa mungkin untuk jaga jarak dan segera kembali ke rumahnya masing-masing. Hal ini kita lakukan agar penyebaran virus corona ini bisa kita hentikan khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, ” pungkasnya.

(Urip)

Komentar

News Feed