Babinsa Pangkalan Batu Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Desa Binaan

KAL-BAR225 Dilihat

Ketapang Investigasi Bhayangkara Indonesia.com Kal-Bar, Untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa Pangkalan Batu, Koramil 1203-03/Kendawangan, Praka Jaya Sumardani melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Desa Pangkalan Batu, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Jum’at (23/7/21)

Melalui kegiatan komunikasi sosial (Komsos) Praka Jaya Sumardani mensosialisasikan upaya pencegahan Karhutla kepada masyarakat. Sedangkan komsos sendiri merupakan salah satu cara Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah, selain itu bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi kepada warga dalam rangka mendukung tugas pokok satuan teritorial demi terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Menurut Praka Jaya Sumardani, sosialisasi karhutla di wilayah binaan adalah sebagai upaya antisipasi dan pencegahan. Melalui hal ini diharapkan peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla akan semakin meningkat.

“Selain memberikan pemahaman tentang dampak buruk yang ditimbulkan akibat Karhutla, kita mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama peduli menjaga dan mencegahnya. Salah satunya dengan tidak membuka lahan pertanian dengan dibakar,” ujarnya.

Dalam sosialisasi Babinsa Pangkalan Batu ini juga berpesan kepada masyarakat, apabila menemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada Babinsa atau kepada petugas terkait yang ada di wilayah setempat.

“Hal ini untuk mempermudah petugas dalam melaksanakan tindakan penanganan,” pesan Jaya Sumardani.

Danramil 1203-03/Kdw Kapten Inf Mardianus mengungkapkan, Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan di wilayah binaan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam mengantisipasi dan cegah dini kebakaran hutan dan lahan di wilayah,” tandasnya.

(Agp)