oleh

Bamsoet Meminta Kemensos menindak lanjuti hasil evaluasi pemantauan Mobilitas Masyarat

Investigasi Bhayangkara Indonesia com Jakarta – Pada hari Kamis tanggal 9/9/2021 Dari hasil evaluasi pemantauan mobilitas masyarakat melalui aplikasi PeduliLindungi, terjaring 1.625 orang yang positif covid-19 masih beraktivitas di ruang publik,

Ketua Ketua MPR RI Meminta Kementerian Kesehatan/Kemenkes untuk segera menindaklanjuti hasil evaluasi melalui aplikasi peduliLindungi dengan mengontak 1.625 orang yang positif tersebut, kemudian diarahkan untuk melakukan perawatan di ruang isolasi, baik di rumah sakit, wisma atlet, ataupun isolasi mandiri, dikarenakan kondisi mereka yang terpapar virus dapat membahayakan kesehatan orang lain yang berada di sekitarnya.

Dan Meminta Kemenkes memberikan sikap tegas terhadap 1.625 orang tersebut agar tidak menimbulkan lonjakan penyebaran baru. Untuk itu berlaku larangan bagi mereka seperti dalam durasi waktu tertentu mereka tidak bisa mengakses tempat-tempat publik, dikarenakan apabila hal tersebut tetap dibiarkan, dapat berpotensi menjadi preseden bagi masyarakat lainnya. Ujar Bamsoet

Bamsoet juga Meminta Kemenkes meminta tenaga Kesehatan/nakes meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap orang-orang yang telah dinyatakan positif covid-19, khususnya yang melakukan isolasi mandiri, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pihak RT/RW untuk memastikan orang yang terpapar virus corona di wilayahnya tidak keluar rumah sampai dinyatakan negatif.

Dan Meminta Kemenkes terus melakukan pemantauan mobilitas masyarakat melalui aplikasi PeduliLindungi dan dievaluasi secara berkala, serta segera mengambil langkah tegas apabila ditemukan pelanggaran.

Serta Meminta Satgas penanggulangan Covid-19 mengarahkan petugas di tempat-tempat publik untuk mengawasi hasil dari scanning barcode melalui aplikasi PeduliLindungi, dikarenakan tidak hanya berdasarkan status vaksinasi orang tersebut saja, tetapi termasuk hasil tes covid-19 yang telah tersinkronisasi dengan aplikasi juga harus diperhatikan. Sehingga ke depannya, apabila didapati hasil tes positif covid-19 dalam PeduliLindungi, agar orang tersebut tidak diberikan akses masuk ke tempat-tempat publik, dan segera diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri atau dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.” tegas Bamsoet.

News Feed