Bencana Alam Longsor Terjadi saat Cuaca Hujan Deras, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Purwaharja Segera Lakukan Evakuasi

JAWA BARAT13 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com

Polres Banjar Polda Jabar – Kesiapsiagaan Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwaharja Polsek Purwaharja Polres Banjar bersama-sama dengan BPBD Kota Banjar menangani bencana alam Longsor. Kamis (24/11/2022).

Kejadian bencana alam tebing Longsor tersebut disebabkan hujan dan angin kencang Kamis sore ini.

Bencana alam longsor berawal dari penahan tebing yang longsor menimpa rumah yang diakibatkan hujan deras dan tidak kuat penahan tebing dengan deras nya air hujan menimpa penahan tebing sehingga terjadi longsor.

Terjadinya longsor diketahui saksi warga sekira pukul 16.30 Wib di Lingk. Cipadung Rt 11 Rw 05 Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar dan longsor tanah menimpa 3 dapur rumah.

Dapur rumah warga yang tertimpa longsoran tanah adalah dapur milik Sdr. Didi Supriadi,
Sdr. Endang Suryana dan Ibu Iwi, ketiganya beralamat  Lingkungan Cipadung, Rt 11 Rw 05 Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

Pada saat ditemui dilokasi bencana alam longsor Kapolsek Purwaharja AKP Taufik Maulidina S.I.P. mengatakan dipastikan atas kejadian bencana alam longsor sore tadi tidak adanya korban jiwa, kerugian hanya materil diperkirakan Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Seperti yang disampaikan oleh Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H., S.I.K., M.M. melalui PS Kasubsi Penmas Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan, SH. bahwa masyarakat harus siaga bilamana terjadi hujan deras dalam waktu yang lama dan ketika ada bencana alam segera menghubungi petugas terdekat.

Ditambahkanya apa yang dilakukan personil Polres Banjar Polda Jabar merupakan kewajiban anggota Polri dalam membantu masyarakat dalam keadaan apapun, salah satunya pelayanan pada saat kejadian bencana alam seperti ini.

“Kami semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan kesigapan dalam penanganan bencana alam oleh para personil Polres Banjar dan Polsek jajaran” ucap Kapolres.

“Kami ucapkan terimakasih banyak atas kesigapan petugas, BPBD, Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa dalam menangani bencana alam di lingkungan Kami” ucap Aceng Sodik tokoh masyarakat. (Encep.Dian)