Berkumpul dengan Warga Banjarkolot, Kapolres Banjar Sampaikan Waspada Terhadap TPPO

JA-BAR226 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H.,S.I.K.,M.M. sampaikan kepada warga masyarakat untuk waspada terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). (16/06/2023).

Turut menghadiri kegiatan tersebut Sekmat Banjar, Lurah Banjar, Kapolsek Banjar, serta Kasat Binmas, dan Ketua GMNI Kota Banjar serta warga masyarakat di Lingkungan Banjarkolot RT. 02 RW. 13 Kel. Banjar Kec. Banjar Kota Banjar.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Banjar menyampaikan TPPO ini menjadi atensi Bapak Presiden dan Bapak Kapolri. Pihaknya mengimbau jangan sampai tergoda dan terayu ajakan agen tenaga kerja yang ilegal yang mengiming-imingi gaji besar dan kerja enak.

“Kami tidak melarang untuk bekerja di luar negeri, tapi harus mengecek dulu keabsahan agen ke Disnaker maupun instansi terkait. Jangan sampai terlantar, pekerjaan tidak sesuai, dan menjadi korban di luar negeri sana.” Ucap Kapolres Banjar.

Masih kata Kapolres Banjar hasil pemantau pemerintah pusat banyak WNI yang bekerja di luar negeri melalui agen tenaga kerja ilegal, di sana WNI mengalami banyak kesulitan. Mulai dari penyiksaan, gaji tidak dibayarkan, penelantaran, dan lain sebagainya.

“Untuk itu Kami melakukan upaya penindakan, apabila ada warga di sini yang menerima penawaran pekerjaan di luar negeri dari agen yang ilegal tidak terdaftar. Mohon kiranya untuk melaporkan kepada Kami.” Kata Kapolres Banjar.

“Apabila memang ada warga yang bekerja ke luar negeri itu hak setiap warga, tetapi apabila bekerja ke luar negeri tanpa melalui proses sesuai dengan prosedur, dikhawatirkan justru malah mendapat kesulitan, masalah, dan terlantar.” Pungkas Kapolres Banjar.

Sementara itu Lurah Banjar Budi Kuswandani, S.Sos.,M.A.P. Menyambut baik atas informasi yang disampaikan Kapolres Banjar terkait TPPO. Pihaknya akan memantau warganya dengan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta ketua RT RW apabila ada warga masyarakatnya yang akan bekerja di luar negeri.

“Terima kasih bapak Kapolres yang sudah mengingatkan Kami dan warga terkait TPPO ini, semoga tidak terjadi di Lingkungan Kami khususnya dan Kota Banjar pada umumnya” ucap Lurah Banjar. (Encep.Dian)