oleh

Bhabinkamtibmas Desa Kanuna Bantu Warga Binaan Selesaikan Masalah Pencurian Dengan Mediasi

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. SIGI, Bhabinkamtibmas Desa Kanuna Kec. Kinovaro Kab. Sigi Bripka Awalludin membantu warga menyelesaikan permasalahan warga binaannya yang bertempat di kantor Desa Kanuna Kec. Kinovaro Kab. Sigi. Selasa, (02/03/21).

Permasalahan ini berawal karena telah terjadi tindak pidana pencurian ayam yang merupakan hewan peliharaan salah satu warga atas nama bapak Yusman yang berada di dalam kandang, namun tindakan pelaku pencurian tersebut telah diketahui sang pemilik sehingga korban melapor kepada Bhabinkamtibmas untuk di proses lebih lanjut.

Pelaku pencurian ayam tersebut inisial AN (16), yang juga merupakan anak warga Desa Kanuna.

Saat melakukan mediasi di Kantor Desa Kanuna, Petugas memberikan himbauan kepada Pelaku agar tidak mengulangi perbuatan tersebut serta tidak melakukan masalah apapun lagi. Dan apabila hal serupa terjadi lagi maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Untuk sementara di buatkan surat pernyataan atas persetujuan Korban.

Menurut Korban, “dengan adanya laporan ke Bhabinakmtibmas dan dilakukan mediasi serta pemberian surat pernyataan yang di buat di Kantor Desa dan di saksikan oleh Bhabinkamtibmas, aparat Desa dan Keluarga pelaku ini merupakan salah satu langkah efek jera bagi anak tersebut dan merupakan pelajaran bagi para orang tua agar lebih menjaga anaknya.” Tutur Korban.

Ditempat terpisah Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Marawola AKP Made Duana, S.E, membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan bhabinkamtibmas, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus-kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat terselesaikan dengan cepat dan tidak menimbulkan konflik sosial, Jelas Kapolsek.

Lanjut tidak lupa pula kapolsek Menghimbau kepada warga agar tetap menjaga Sitkamtibmas agar Tetap aman dan Kondusif serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 guna mencegah penyebaran Civid 19 di Wilayah Kab. Sigi.

( Faisal/Humas )

Komentar

News Feed