Bripka Hasbiallah ajak Warga Desa Binaan Cegah Karhutla

KAL-BAR179 Dilihat

Sanggau, Polda Kalbar – Tindakan Bhabinkamtibmas yang mengajak warga desa binaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan.

Karhutla dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang luas, merugikan ekosistem, dan berdampak negatif pada kesehatan masyarakat.

Dalam upaya mencegah karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Bripka Hasbilallah melaksanakan sambang ke Dusun Sepona di Desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas.

Bripka Hasbiallah memberikan sosialisasi kepada warga desa mengenai bahaya karhutla, penyebab terjadinya, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Mereka juga dapat menyosialisasikan peraturan atau larangan terkait pembakaran hutan dan lahan.

Dirinya juga melaksanakan patroli di wilayah desa binaannya untuk memantau potensi terjadinya karhutla. Mereka dapat berkoordinasi dengan aparat desa, petugas pemadam kebakaran, atau instansi terkait lainnya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Di sela-sela kegiatan sambangnya, Bripka Hasbiallah mengajak warga desa binaan untuk aktif berperan dalam pencegahan karhutla.

“Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan gotong royong membersihkan lahan dari material yang mudah terbakar, membangun dan memelihara sumber air, serta melaporkan aktivitas mencurigakan yang berpotensi menyebabkan karhutla kepada pihak berwenang,” ucapnya.

Melalui upaya bersama antara Bhabinkamtibmas dan warga desa binaan, Bripka Hasbiallah berharap kesadaran akan bahaya karhutla dapat meningkat, serta langkah-langkah pencegahan yang efektif.

“Dengan kerjasama yang baik, karhutla dapat dicegah atau ditanggulangi secara dini, menjaga keamanan lingkungan, dan melindungi kehidupan masyarakat serta keanekaragaman hayati yang ada di sekitar Desa,” pungkasnya.