oleh

Buka Rakernis Fungsi Harkam, Kapolda Kalbar Sebut Mendisiplinkan Protokol Kesehatan Adalah Misi Kemanusiaan

Investigasi Bhayangkara Indonesia, PONTIANAK, KALBAR – Rapat kerja dan teknis (Rakernis) kembali digelar Polda Kalbar. Kali ini rakernis untuk jajaran fungsi Harkam yang dibuka langsung oleh Kapolda Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto S.H.,M.Si. Selasa 18 Agustus 2020.

Dengan mengusung tema siap mendukung dan mengamankan Pilkada Serentak 2020 serta mendukung pemerintah dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru, Rakernis ini diikuti oleh seluruh Kasat Samapta, Kasat Polairud dan Kasat Binmas jajaran Polda Kalbar.

“Seluruh polisi di dunia dibagi menjadi dua, yang berseragam dan yang tidak berseragam. Untuk yang berseragram tugas kepolisian yaitu dibawah fungsi Baharkam” kata Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto mengawali sambutannya dalam membuka Rakernis.

Ia melanjutkan, tujuannya ialah untuk menunjukan eksistensi kepolisian dalam menjadi garda terdepan melindungi mengayomi dan melayani masyatakat.

Dalam sambutnnya, Kapolda Kalbar memberikan 3 penekanan yang harus disiapkan oleh jajaran fungsi Harkam pada tahun 2020, salah satunya Pilkada serentak.

“Fungsi harkam adalah tulang punggung fungsi operasional. Kawal pelaksanaan pilkada agar berjalan dengan aman. Kasat samapta harus paham pentahapan pilkada, paham kekuatan yang dimiliki” lanjutnya.

Selain membahas tentang kesiapan Pilkada di tahun 2020, Kapolda Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto juga menyebutkan mengenai antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jenderal bintang dua ini meminta para fungsi harkam mensosialisasikan Peraturan Gubernur Kalbar no 103 tentang pembukaan ladang oleh peladang berbasis kearifan lokal yang harus memenuhi ketentuan hingga sanksi yang akan diterima.

Terakhir sebelum mengakhiri sambutannya dalam pembukaan Rakernis, Kapolda Kalbar juga mengingatkan situasi dan peran kepolisian dalam membantu pemerintah dalam mengatasi Covid-19.

“Ditengah wabah yang masih melanda Indonesia ini, peran Polri diperlukan pemerintah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan dalam memutus penyebaran. Laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan sungguh sungguh dan ikhlas” tutupnya.

Dalam pembukaan Rakernis fungsi Harkam di jajaran Polda Kalbar turut di hadiri Waka Polda Brigjen Pol Asep Safrudin dan para pejabat utama Polda Kalbar.

Laporan : RizaL Z
Sumber : Humas Polda Kalbar

Komentar

News Feed