oleh

Buntut Dugaan Tipikor Lahan SMKN 7 Tangerang Satu PNS dan Satu Pegawai Dindikbud Banten Diperiksa KPK

Investigasi bhayangkara Indonesia com SERANG – Kasus pengadaan tanah  di Dindikbud Banten yang sudah sekian tahun nyaris tak terdengar, kini muncul lagi ke permukaan publik. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak gentar beraksi kembali dalam menumpas para koruptor, pasalnya belum lama ini KPK telah menggeladah Kantor Dindikbud Banten.

Buntut dari dugaan Tipikor bertambah panjang, setelah gedung Dindikbud Banten digeladah KPK berlanjut ke tahap pemeriksaan saksi para PNS dan pegawai honorer Dindikbud  yang diduga ikut terlibat.

Kasus tanah helikopter (istilah yang populer atas lokasi SMKN 7 Tangsel, Banten) terus bergulir. Sejumlah saksi telah diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (13/9/2021).

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri seperti yang dilansir SRBNEWS.ID mengatakan, bahwa penyidik KPK memanggil dua saksi yakni Endang Saprudin dan Endang Suherman.

“Saudara Endang Saprudin adalah PNS Pemprov Banten/Panitia Penerima Hasil Pekerjaan TA 2017). Sedangkan Endang Suherman adalah tenaga honorer di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten/Staf PPID,” terangnya.

Pemeriksaan terhadap keduanya dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Jon TPI, Serang, Banten.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK memulai penyidikan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan pada Dindikbud Banten Tahun Anggaran 2017.

Penyampaian informasi dan pengumuman secara lengkap, akan dilakukan pada saat upaya paksa penangkapan dan atau penahanan dilakukan.

“KPK akan selalu menyampaikan kepada publik setiap perkembangan penanganan perkara ini. Fan kami berharap publik untuk juga turut mengawasinya,” kata dia.

Terpisah,  Endang Saprudin  saat dikonfirmasi oleh media Investigasi Bhayangkara Indonesia (IBI) via telepon  WhatsApp (HP) mengakui, bahwa dirinya telah diperiksa KPK hanya sebagai saksi saja. ”  Terkait pemeriksaan oleh KPK itu memang benar, dan saya telah diperiksa hanya sebatas saksi.” Jelas Endang Saprudin

Kemudian lanjutnya, bahwa Endang Suherman, juga dibenarkan telah diperiksa sebagai saksi, dan selain itu juga setelah dirinya kemungkinan akan ada lagi dua PNS Dindikbud yang akan diperiksa KPK sebagai saksi berinisial SR dan MT. Selasa (14/09/2021).

Seperti diketahui, kasus tanah helikopter mencuat setelah penyidik KPK melakukan penggeledahan di sejumlah tempat. Pihak KPK juga telah menyita dua kendaraan dari pihak pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. (YG)

News Feed