oleh

Danmen 1 Paspelopor Kombes Reeza Herasbudi: Ada 4 Batalyon di Resimen 1 Pasukan Pelopor

Investigasi Bhayangkara Indonesia com Gunung Putri (Bogor) – Selayang pandang untuk diketahui tentang Resimen 1 Pasukan Pelopor atau Satya Adikara Cyena berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari 3 kata yaitu Satya berarti Setia, Adikara berarti berwibawa dan Cyena berarti burung garuda. Dapat diartikan bahwa Resimen 1 Pasukan Pelopor adalah pasukan pamungkas Polri yang berjiwa ksatria.

Perisai berwarna merah perlambang anggota Resimen 1 Pasukan Pelopor memiliki kepercayaan diri yang tinggi berani dan selalu siap menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

Burung garuda berwarna kuning emas perlambang Resimen 1 Pasukan Pelopor yang gagah perkasa bagaikan burung garuda senantiasa meraih kejayaan dan keberhasilan dalam setiap melaksanakan tugas.

Tiga bintang yang bersudut lima perlambang bahwa Brimob merupakan unsur Polri yang dalam setiap melaksanakan tugasnya selalu berpedoman pada Tri Brata dan Catur Prasetya.

Tulisan Satya Adikara Cyena berwarna kuning emas melambangkan bahwa anggota Resimen 1 Pasukan Pelopor bertanggungjawab dan selalu memegang teguh prinsip kesetiaan dan kewibawaan.

“Ada 4 Batalyon di Resimen 1 Pasukan Pelopor, yaitu Batalyon A Satya Hastin Perkasa, Batalyon B Satya Mahesa Perkasa, Batalyon C Satya Anoa Cendikia, dan Batalyon D Satya Taraksa Trengginas.

Untuk diketahui, Korps Brimob terdiri dari 2 (dua) cabang yaitu Gegana dan Pelopor. Sementara, Pelopor bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi Kepolisian khusus yang lebih luas dan bersifat paramiliter, seperti: penanganan kerusuhan/ huru hara (riot control), pencarian dan penyelamatan (SAR), pengamanan instalasi vital, dan operasi gerilya serta pertempuran hutan terbatas.

Komentar

News Feed