Danramil 402-09/Mesuji Ucapkan Selamat Kepada KUD Mulya Jaya Sukses Gelar RAT

Sum-Sel274 Dilihat

Investigasibhayangkara.com Sumsel-OKI

Koperasi Unit Desa (KUD) Mulya Jaya adakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku tahun 2020 pada Sabtu (30/10/2021) bertempat di Kantor KUD Desa Mulya Jaya Kec. Mesuji Raya Kab. Ogan Komering Ilir. RAT tersebut dilaksanakan sebagai bentuk Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Badan Pengawas dihadapan Anggota KUD. Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten OKI, Camat Mesuji Raya, Danramil 402-09/Mesuji, Kapolsek Mesuji Raya, Kades Mulya Jaya, Pengurus, Badan Pengawas dan Anggota KUD Mulya Jaya.

Sebagai pembuka, Darmaji Ketua KUD Mulya Jaya memberikan sambutan berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh KUD Mulya Jaya dalam usaha perkebunan kelapa sawit yang usianya sudah tua dan dalam waktu dekat akan dilakukan peremajaan (replanting) mengalami penurunan produksi yang berakibat pada perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Penanaman kelapa sawit Plasma KUD Mulya Jaya pada tahun 1994-1995, atau sudah berumur antara 26-27 tahun, yang hasilnya rata-rata sudah mulai menurun atau tidak mencapai 15 ton per hektar per tahun, sehingga penghasilan anggota juga turut menurun,” terangnya.

Darmaji juga menyinggung tentang berakhirnya masa jabatan Pengurus KUD Mulya Jaya dan berharap pemilihan pengurus baru nantinya dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, Danramil 402-09/Mesuji Lettu Inf Muslikin, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kemajuan KUD Mulya Jaya dengan kekayaan sesuai laporan Ketua KUD tercatat hingga 64,6 milyar lebih dan jumlah anggota sebanyak 576 anggota, kami yakin Koperasi ini akan terus berkembang dan mensejahterakan anggotanya dan kami berharap KUD ini bisa dicontoh oleh Koperasi lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Mesuji Raya dan Kabupaten OKI pada umumnya.

”Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh pengurus dan anggota KUD Mulya Jaya yang telah sukses menyelenggarakan RAT tutup buku tahun 2020 dengan baik tanpa ada kendala. Hal itu menunjukan Koperasi ini termasuk Koperasi yang ”Sehat”. Saya berharap Koperasi harus berusaha mampu memberikan pelayanan baik, sehingga kesejahteraan dan fasilitas yang dimiliki bisa dinikmati oleh seluruh anggota,” ungkap Danramil

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten OKI yang diwakili Bpk Herliansyah.S,TP., M.Si, menyampaikan bahwa RAT merupakan bagian yang penting dalam tahapan pengelolaan keuangan KUD. “Karena KUD diharapkan berjalan sesuai dengan keinginan anggota, karena kalau KUD berjalan baik berdampak pada kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Menurutnya, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKI akan selalu memberikan pembinaan kepada Koperasi mengingat Koperasi adalah soko guru perekonomian Nasional. “Pendampingan pun akan dilaksanakan bila mana diperlukan,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus KUD yang didahului dengan penunjukkan formatur 5 orang yang terdiri dari 2 pengurus lama, 1 badan pengawas dan 2 dari anggota KUD. Dan dalam RAT ini juga dilakukan pembahasan mengenai Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja KUD Mulya Jaya tahun 2021. (Amru/Ayib IBI).