oleh

Danrem 044/Gapo Dampingi Kasdam II/Swj Pda Acara Penanaman Perdana Umbi Porang

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. com Sumsel-Palembang Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.IP, S.Sos, dampingi Kasdam ll/Swj Brigjen Tni M. Zamroni pada acara penanaman umbi porang, Rabu (16/9/2020)

Kegiatan penanaman umbi porang yang di hadiri Gubernur Sumsel dan Bupati Banyuasin bertempat di Kebun Easy Porang Jl. Raya Palembang Betung Km.52 ,Desa Lubuk Lancang, Kec. Suak Tapeh Kab. Banyuasin, sekaligus di lakukan peresmian PT. Karya Inti Malinjo oleh H. Herman Deru Gubernur Sumsel

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, H. Herman Deru Gubernur Sumsel, Brigjen Tni M. Zamroni Kasdam II/Swj, Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji, S.IP. S.Sos Danrem 044/Gapo, Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, SH, MH, Wakil Bupati H. Selamet Somosentono, Sekda Bupati Dr. H. Senen Har, Msi, Danlanud Srimulyono Herlambang Kolonel Pnb Firman Wirayudha, S.T. M.Soc. Sc, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, Kasiintelrem 044/Gapo Letkol Inf Efran Herriyanto SH, Kasirenrem 044/Gapo Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arm Farid Hidayat Arif PSC Kapolres Banyuasin AKBP Danni Sianipar, Ketua DPRD Kab. Banyuasin Irian Setiawan, SH,M.Si, Kepala Dinas Pertanian Zainudin S.T MM, Kepala Dinas Perkebunan Aidil Fitiyadi M.si, Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Binsar Simanjuntak, Dantim Intelrem 044/Gapo Kapten Arm Zainal Arifin, Habib Mahdi Bin M. Syahab, Camat Suak Tapeh, H. Safawi (Pemilik Lahan)

Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, pada sambutannya mengatakan, Kita ketahui bersama disektor pertanian ini menjadi program unggulan, khususnya di Kab. Banyuasin, kami bangga Kab. Banyuasin terluas kedua setelah Kab. OKI di wilayah Prov. Sumsel tanahnya sangat subur, sehingga umbi porang bisa dapat tumbuh subur di tanah Banyuasin. Di wilayah Kab. Banyuasin Karet, sawit, jagung, dan tanaman lainnya, yang paling membanggakan tanaman padi banyuasin, banyuasin menjadi No 4 Nasional penghasil beras. Kami ucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel karena telah banyak memberikan perhatian kepada Kab. Banyuasin. Kaitannya dengan porang, memang belum banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia maupun di wilayah Sumsel, bisa menghasilkan 80 ton per hektar, dari daunya terdapat biji yang bisa bernilai ekonomis, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar, dan hasil dari porang ini bisa dibuat apa saja, bahan kosmetik, jeli, dan masih banyak dibuat bahan pangan lainnya, porang ini sungguh sangat menjanjikan prospek yang luar biasa untuk dikembangkan di wilayah Banyuasin, apabila bisa ditanam dengan baik dan dikembangkan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan masyarakat bisa menjadi kaya. Ini merupakan satu inovasi yang baru, dan sebagai Bupati Banyuasin saya sangat menyambut dengan baik program penanaman umbi porang,” ujaranya.

Sementara itu Gubernur Prov. Sumsel H. Herman Deru pada sambutan nya menyampaikan bahwa, Hampir tanpa jejak saya bersama Bupati jajaran selalu memotivasi kepada masyarakat, saya berusaha membangun infrastruktur dan UKM, Penanaman yang kita laksanakan secara simbolis itu sangat menjanjikan kita semua demi laju kesejahteraan yang kita harapakan, bisa kita lakukan dengan berbagai cara, Kab Banyuasin merupakan No 4 penyumbang pangan Nasional di Sumsel, sehingga hal itu tidak membuat pemerintah Banyuasin menjadi puas, namun tetap berusaha melakukan upaya untuk menumbuhkan perkembangan dan hasil di wilayah Kabupaten Banyuasin,”tandasnya.

Tapi jangan sampai dengan tergiurnya penanaman porang sehingga tanaman lainnya dibabat habis untuk menanam porang semua, banyak contoh sebelumnya, pada saat karet harganya naik semua tanaman dibabat untuk menanam karet semua, saat ini karet harganya menurun sehingga banyak warga yang kesulitan. Apabila tumbuhan porang ini bisa berkembang, saya akan meminta lahan kementrian untuk bisa ditanamai porang ini, bila perlu lahan-lahan mati milik instansi lainnya bisa kita pinjam untuk membudidayakan porang. Intinya kalau ingin berkembang dan sukses Kedisiplinan sumber daya manusia yang paling penting, saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Banyuasin karena selelu berinovasi untuk mengembangkan wilayahnya untuk terus maju dan meningkatkan penghasilan masyarakatnya. Dengan adanya penanaman porang ini pemerintah daerah agar bisa bekerjasama dalam pembudidayaan tanaman porang, sehingga wilayah Provinsi Sumsel menjadi maju,” kata Gubernur.(Amru IBI).

Komentar

News Feed