oleh

Danrem 044/Gapo Menghadiri Acara Pembukaan Latihan SAR Provinsi Sumsel

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. Sumsel-Palembang Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.IP, S.Sos, menghadiri acara pembukaan latihan SAR, Rabu (23/9/2020).

Kegiatan pembukaan latihan SAR ini bertempat di Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palembang (Basarnas) Jl. Gubenur H. Asnawi Mangku Alam, Akses Bandara SMB II Palembang.

Pada acara pembukaan Latihan SAR Daerah Prov.Sumsel Tahun 2020 yang bertema “Dengan Pelaksanaan Latihan SAR Daerah diharapkan dapat meningkatkan Keberhasilan Operasi Pencarian Dan Pertolongan (SAR) yang Profesional, Sinergis dan Militan di Wilayah Kerja Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palembang”.

Turut hadir dalam Acara pembukaan latihan tersebut, Danrem 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.IP, S.Sos, Walikota Palembang diwakili Staf Ahli Bid Keuangan pendapatan Daerah Hukum Dan Ham Altur Febriansyah, S.H, M.Si, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin,SH, Kesultanan Palembang Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Bupati Oku Timur H.M. Kholid Mawardi S.Sos.,M.Si, Danlanud SMH Palembang Kolonel Pnb. Firman Wirayuda, S.T,M.SOC,SC, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP, Kasubdit Patroli Airud AKBP Zahrul Bawadi SH,MM, Direktur Kesiapsiagaan BASARNAS Didi Hamzar,S.Sos, MM, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Palembang Hery Marantika, S.H, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Prov.Sumsel, Drs Nelson Firdaus, MM, Kepala KSOP Palembang H. Irwan, SH, M.Pd, M.Mar.E, GM Airnav Ibu Ida Yuniarti, Kepala BMKG Palembang Desindra Deddy Kurniawan, SP, Kepala BPBD Oku Timur, Mgs. H. Habibullah Haryawan, S.IP, MM, Kepala Imigrasi Kls I Palembang diwakili Raja Ulul Azmi Syah Wali (Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian) Kepala DISNAV Palembang Rusdi Effendi, PT. Angkasa Pura, II diwakili Endro (Asisten Manager Of Rescue Fire Fighting).

Pada kesempatan acara tersebut Sambutan Deputi Bidang Operasi SAR Dan Kesiapsiagaan/Direktur Operasi SAR Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS) mengatakan, “Kepada Para Peserta, harapan saya sinergitas kita dapat terlihat dimana-mana, Untuk Prov. Sumsel dapat terjadi musibah apa saja dan dimana saja, perubahan itu yg harus kita untuk siap siaga dengan menggunakan prosedur yang tepat, Basarnas dalam melakukan pencarian dan pertolongan tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan kerjasama dengan pihak terkait yang disebut Potensi SAR yakni pihak-pihak yang telah berkomitmen untuk membantu kerja Basarnas dalam misi kemanusiaan. sedangkan tujuan kegiatan adalah meningkatkan sinegritas dan solidaritas dengan potensi SAR agar potensi SAR, memahami dan mengerti prosedur operasi SAR dan mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan,”tuturnya.

Lebih lanjut Bupati Oku Timur menyampaikan, ” Bersyukur dapat hadir dalam pembukaan kegiatan ini akan bernilai manfaat baik untuk kita semua dan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pelatihan seperti ini tentunya sangatlah penting dan memberikan manfaat yang besar kepada insan SAR sebagai langkah antisipasi dan persiapan dalam menghadapi terjadinya musibah, kecelakaan serta bencana. Terlebih lagi dalam pelatihan ini yang terpenting adalah menyamakan pola pikir serta pola tindak dalam penyelenggaraan Operasi SAR apabila terjadi musibah dan kecelakaan ataupun bencana di wilayah Kab. OKU, OKUT, OI dan OKUS,”pungkasnya.(Amru IBI).

Komentar

News Feed