oleh

Danrem 044/Gapo Pimpin Rapat Upaya Pengendalian Karhutla di BPBD Prov. Sumsel

Investigasibhayangkara.com Sumsel-Palembang

Komandan Korem 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos pimpin rapat membahas upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan, kamis (9/7/2020).

Bertempat di Ruang Rapat BPBD Prov. Sumsel Jl. Gubernur H. Asnawi Mangku Alam Kec. Sukarami Kota Palembang, dilaksanakan Rapat Membahas Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan masing masing OPD dan Lintas Sektor Terkait yang dipimpin Danrem 044 Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P.,S.Sos. selaku Dansatgas Karhutla.

Hadir dalam kegiatan rapat, Lo BNPB Udara Marsma Tni (Purn) Emmanuel Sugiharto, Lo BNPB Darat Brigjen Tni (Purn) Antoni Simamora, Kasiopsrem 044/Gapo Kolonel Inf Ari Sudarsono
Kepala Biro Ops Polda Sumsel
Kombes Pol. Drs. DjiHartono, Kepala Dinas Kehutanan Prov Sumsel Bpk. Pandji Thajanto, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Sumsel diwakili Bpk. Zulkipli, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sumsel diwakili Ibu. Yosi Utami, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Prov. Sumsel diwakili Bpk. Deri Sahid, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Bpk. Bukori, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumsel diwakili Bpk. Andi, Kepala Satuan Pol PP Prov. Sumsel diwakili Kabid Damkar Bpk. Samudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Prov Sumsel diwakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Prov. Sumsel Bpk. Iriansyah, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla Wilayah Sumatera, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Seksi Wilayah III Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI diwakili Bpk. Heriyanto, Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Sumsel Bpk. Dharnia. Koordinator BMKG Provinsi Sumatera Selatan Bpk. Nandang.P, Ketua APHI Sumatera Selatan diwakili Bpk. Nanda, Ketua GAPKI Sumatera Selatan diwakili BPK. Anwar, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKI Bpk. Ihwan Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten MUBA diwakili Bpk. Fadli, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyuasin diwakili Bpk. Gatot.S, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Muara Enim Bpk. Abdurozieq, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten PALI Bpk. Junaidi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas Bpk. Eko Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas Utara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU Timur Bpk. Iswandi.

Danrem 044/Gapo pada Paparan nya menyampaikan, Kita kembali Koordinasi rapat Karhutla tingkat Provinsi dengan Subsatgas Darat dan Udara, untuk Satgas Udara sudah menjalankan Patroli Udara dan sudah ada beberapa titik Api yang di temukan. Setiap hari saya selalu memantau memantau dari Satelit dan hasilnya ada beberapa Hotspot kebakaran, dan saya memerintahkan Babinsa untuk mengecek ke Lapangan hasilnya ada beberapa yang mengadakan pembakaran,” tutur nya.

Stake Holder Gabungan berperan dalam Canal Blocking, CSR dengan fokus pemberdayaan ekonomi masyarakat. Berbagi Sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk bantuan Masyarakat (Misal Alat berat untuk buka lahan), Serius dengan program Desa Peduli Api (Fasilitas Masyarakat misalnya), Perbanyakan menara pantau Api, Kesiapsiagaan Personel Satgas Karhutla milik Perusahaan. Tidak hanya fokus pada Lahan usaha perusahaan, tapi juga lahan yang ada di sekitar perusahaan. Perbanyak jumlah sumur bor sebagai antisipasi kekeringan dan juga sebagai cadangan air khususnya dititik rawan terjadiny Karhutla. Kita harus mempertanggung jawabkan Struktur Satgas yang sudah di buat dari Gubernur Prov Sumsel terkait permasalahan Karhutla ini,” pungkas nya.(Amru IBI).

Komentar

News Feed