oleh

Danrem 071/Wijayakusuma Berikan Taklimat Awal Latihan Posko I Kodim 0704/Banjarnegara

InvestigasiBhayangkaraIndonesia.Banjarnegara – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., mengeluarkan Taklimat Awal Latihan Posko I Kodim 0704/Banjarnegara, di Makodim 0704/Banjarnegara, Rabu (10/6/2020).

Latihan yang diselenggarakan Korem 071/Wijayakusuma selama tiga hari (10-12 Juni 2020) bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0704/Banjarnegara untuk merencanakan dan menyiapkan operasi militer selain perang (OMSP), guna membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam.

Merujuk pada UU RI Nomor 24 tahun 2007 Pasal 6 menegaskan bahwa “tanggung jawab pemerintah dalam mengatasi bencana diantaranya pengurangan resiko bencana, perlindungan masyarakat, menjamin hak dasar, pemulihan kondisi, pengalokasian anggaran dan pemeliharaan arsip yang kesemuanya harus terpenuhi”.

“Aplikasinya dalam pentahapan penyelenggaraan penanganan penanggulangan bencana alam, dimulai dari tahap kesiapsiagaan, peringatan dini dan proses mitigasi bencana harus sesuai dengan amanah konstitusi dan menjadi tanggung jawab kita bersama,” tegas Danrem 071/WK.

Dikatakannya, melalui Program Latihan Posko I yang meliputi kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dalam sebuah proses pengambilan keputusan taktis dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki. Selain itu, juga menyangkut mekanisme prosedur hubungan komandan dan staf yang berlaku dalam suatu Komando Pengendali Operasi guna membantu tugas pemerintah daerah dalam menghadapi permasalahan khususnya penanggulangan bencana alam di wilayah.

“Kegiatan latihan Posko ditengah pandemi Covid 19 dilaksanakan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ditetapkan WHO, dengan wajib memakai masker, menjaga jarak perorangan, selalu mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. Kegiatan diawali dengan pengecekan kesehatan bagi penyelenggara dan pelaku serta penyemprotan cairan disinfektan di area kegiatan”, ungkapnya.

Latposko dibuka dengan Taklimat Awal yang dikeluarkan oleh Danrem 071/WK untuk memberikan petunjuk awal kepada pejabat Dandim dan Perwira Staf sebagai pengantar agar latihan lebih realistis dan mendekati situasi sebenarnya sehingga tujuan Latihan Posko I ini dapat tercapai. Sekaligus sebagai langkah untuk menyiapkan pejabat Dandim di wilayah seandainya ditunjuk oleh Kepala Daerah sebagai Insident Commander.

“Saya harap pada kegiatan latihan Posko ini dapat menjadi pembelajaran dan acuan dalam menghadapi tugas yang akan datang,” harapnya.

Hal ini senada dengan tema latihan Posko I Kodim 0704/Banjarnegara yaitu “Kodim 0704/Banjarnegara bersama seluruh komponen bangsa membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam tanah longsor, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusian di wilayah Kabupaten Banjarnegara dalam rangka Operasi Militer Selain Perang”.

Latihan kali ini, diikuti oleh Dandim dan Perwira Staf Kodim 0704/Banjarnegara serta tidak melibatkan banyak orang, instansi terkait lainnya (diperanggapkan) dalam penanganan bencana alam yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara diantaranya BPBD, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, DPUPR, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Kesbangpol Linmas, PMI, Unit Damkar dan Tim SAR serta elemen masyarakat secara terpadu.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem juga mengapresiasi dan mengucapkan terimaksih kepada seluruh prajurit, PNS dan Instansi terkait yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan latihan ini. “Harapan saya semoga koordinasi dan kerjasama yang baik dapat mewujudkan sinergitas seluruh instansi terkait yang berada di wilayah, sehingga bermanfaat dan dapat memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar

News Feed