oleh

Desa Boilan Kec.Tiloan di resmikan sebagai “Kampung Tangguh Tinombala”

Investigasibhayangkara.com

Desa Boilan kecamatan Tiloan, kabupaten Buol provinsi Sulawesi tengah, terpilih sebagai “Kampung Tangguh Tinombala” yang tetap kuat dan mandiri dalam menghadapi berbagai tantangan pada masa pandemi Covid-19,akhirnya di resmikan oleh Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan, S.IP,M.T, bertempat di balai desa Boilan,Kamis,(02/07/2020).

“Kampung Tangguh Tinombala” adalah salah satu program Kapolri di mana Polri terus berinovasi dalam memotivasi masyarakat agar tetap kuat dan mandiri dalam menghadapi pandemi Covid-19, serta dapat bersinergi bersama pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Corona virus Disease (Covid-19).

Adapun Program Polri ini adalah menentukan salah satu desa sebagai sampel project-nya dengan beberapa penilaian di mana desa tersebut memiliki pasien Covid-19, namun wilayahnya tetap kuat, mandiri,tangguh,serta dapat bersinergi dengan pemerintah setempat dalam memutus penyebaran Covid-19.

Hadir dalam kegiatan peresmian Kampung Tangguh Tinombala tersebut antara lain:
-Sekda Buol (mewakili Bupati) Drs.Moh.Suprizal Yusuf,M.M
-Wakapolres Buol Kompol.Johnny Bolang,S.Sos,M.H
-Kapolsek Momunu Ipda.Razak Abdullah
-Koramil Momunu Pelda Jumadil
-Camat Tiloan Jufrin Is Lamadang,S.E
-Sekcam Tiloan
-Para Kepala desa se-kecamatan Tiloan
-Tokoh-tokoh masyarakat se-kecamatan Tiloan

Pada kesempatan tersebut Camat Tiloan Jufrin Is Lamadang,S.E, memberikan laporan singkat di mana kecamatan Tiloan terdiri dari 9 (sembilan) desa dengan jumlah penduduk sekitar 10.000 (sepuluh ribu) jiwa,pada masa pandemi Covid-19 merupakan desa pertama yang terdapat pasien Covid-19 dengan riwayat perjalanan dari pulau Jawa.
setelah masyarakatnya di nyatakan positif sebagai pasien Covid-19, segera camat meminta seluruh aparat kecamatan Tiloan bersama TNI-POLRI melakukan rapat dan langsung membuat portal induk di desa maniala (masih kecamatan Tiloan) agar dapat mendeteksi kemungkinan potensi penyebaran wabah Corona virus Disease (Covid-19),agar dapat di antisipasi.

Pada kesempatan ini Sekda Buol Drs.Suprizal Yusuf,MM, (mewakili Bupati) memberikan sambutan yang isinya sangat mensupport di resmikannya Kampung Tangguh Tinombala yang tentunya berdasarkan penilaian serta memenuhi kriteria selama Pandemi covid-19.

Selanjutnya, Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan,S.IP,M.T, pada kesempatan ini memberikan sambutan dan mengatakan bahwa Kabupaten Buol merupakan daerah terkonfirmasi positif Vicod-19 tertinggi di Sulawesi tengah dengan angka Pasien COVID-19 sejumlah 57 orang hingga kemudian mendapat perhatian khusus serta sempat mendapat bantuan sejumlah kantong mayat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.Namun di luar dugaan ternyata daerah ini memiliki kesadaran yang tinggi dan masyarakatnya peduli serta mampu bersinergi dengan pemerintah daerah.
Lebih lanjut, Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan mengatakan bahwa “suatu daerah yang kondusif tentu masyarakatnya akan produktif dan ini menurutnya di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kesehatan dan Kamtibmas.

Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan mengapresiasi kesigapan camat Tiloan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Corona virus Disease (Covid-19) di kecamatan Tiloan hingga tidak sampai menambah angka Pasien terkonfirmasi Virus Corona.

Kegiatan berakhir setelah Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan, S.IP,M.T, memukul Gong tanda resmi terpilihnya “Kampung Tangguh Tinombala” serta menggunting pita di dampingi Sekda Buol Drs.Moh Suprizal Yusuf,M.M, di saksikan oleh tokoh masyarakat dan tamu undangan.(Henny)

Komentar

News Feed