oleh

DIALOG INTERAKTIF DENGAN TEMA PERAN POLWAN DALAM MENJAGA SITUASI KAMTIBMAS DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. Jayapura – Pada hari kamis tanggal 27 Agustus 2020, bertempat di Pro I LPP RRI Jayapura

Telah dilaksanakan Dialog Interaktif dengan Tema Peran (Polisi Wanita) Polwan dalam menjaga Situasi Kamtibmas di Tengah Pandemi Covid 19.

Turut hadir dalam kegiatan, AKBP Rusmanindar Dwi Ariani selaku Perwira Senior Polwan Polda Papua, Brigadir Maria Kotouki salah satu Polwan Orang Asli Papua dan Brigadir Lusiana Taopan sebagai Polwan Perbatasan RI-PNG.

Dalam kesempatannya AKBP Rusmanindar Dwi Ariani mengatakan, berdasarkan UU No.2 Tahun 2002 bahwa Polwan Pada dasarnya sama dengan (Polisi Laki-laki) Polki yaitu sama-sama melaksanakan tugas seperti Patroli, Pengaturan dan lain sebagainya.

Banyak Polwan juga yang turut melaksanakan tugas sebagai Satgas Perdamaian di luar Negeri serta di tengah pandemi ini Polwan juga berperan aktif dalam Langkah-langkah pencegahan Covid 19.

Seperti beberapa bulan yang lalu, dimana Polwan Polda Papua melakukan gerakan bagi-bagi masker dengan jumlah yang besar, hal ini menunjukkan bahwa peran Polwan Polda Papua sangat aktif dalam proses pencegahan penanganan Covid-19 dan juga menjaga situasi agar tetap kondusif.

Selaku Polwan yang bertugas di daerah perbatasan, Brigadir Lusiana Taopan juga mengatakan bahwa Polwan tidak hanya bertugas dibagian staf seperti kebanyakan orang lain berfikir. Contoh seperti saya sendiri seorang Polwan yang bertugas di perbatasan RI – PNG yang dihadapkan dengan medan tugas dan situasi yang tidak mudah dengan berbagai tantangan demi untuk menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif.

Dan dalam melaksanakan tugas di perbatasan kita ketahui bersama bahwa banyak pelaku oknum masyarakat yang hendak melakukan penyeludupan obat-obat terlarang dan juga ganja, disinilah kami bersama Anggota lain berperan untuk menjaga hal itu.

Memiliki semangat sebagai salah satu Polwan Orang Asli Papua, Brigadir Maria Kotouki membeberkan bahwa dirinya merupakan Polwan Putri Asli Papua yang bertugas di Satker Dit Lantas Polda Papua. Disini saya juga ingin memberikan motivasi kepada adik-adik semua khsusnya anak-anak Papua maupun Non Papua jika ingin menjadi seorang Polwan adik-adik harus mepersiapkan diri dari jauh jauh hari, baik itu persiapan mental dan jasmani maupun belajar hal apa saja nantinya menjadi persyaratan untuk menjadi seorang Polisi Wanita (Polwan).

Dalam rekrutmen kepolisian sangat transparan sehingga adik-adik tidak perlu takut adanya kecurangan karna sudah dalam pengawasan yang sangat ketat dan transparan. Selain itu dalam rangka HUT Polwan pada tanggal 1 September nantinya, Polwan Polda Papua akan melaksanakan berbagai kegiatan Sosial seperti bagi-bagi masker dan kegiatan bhakti sosoal lainnya.

Komentar

News Feed