oleh

DIALOG INTERAKTIF DENGAN TEMA SOSIALISASI PENCEGAHAN DALAM PENANGANAN COVID-19 DI PAPUA

Investigasibbayangkara.com, Jayapura – Pada hari Selasa tanggal 12 Mei 2020 pukul 08.00 Wit bertempat di Media Center Polda Papua telah dilaksanakan dialog interaktif Polisi menyapa dengan tema “Sosialisasi Pencegahan dalam Penanganan Covid-19 Di Papua”.

Hadir sebagai Narasumber yakni Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol Sondang R.D. Siagian, S.I.K, Kasubdit 1 Kamneg Dit Reskrimum Polda Papua AKBP Dhani Gumilar dan Ka Satpol PP dan PBD Papua Welliam Manderi, S.I.P, M.Si. Kegiatan siaran dilaksanakan dengan cara by phone, yakni Presenter memandu acara langsung di Studio Pro 1 RRI Jayapura sedangkan narasumber berada di Media Center Polda Papua.

Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol Sondang R.D. Siagian, S.I.K., dalam kesempatannya mengatakan bahwa Polda Papua telah membentuk Satgas Aman Nusa 2 matoa Polda Papua yang di bentuk Oleh Kapolda Papua untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Papua.

Selain itu dalam Satgas Tersebut terdapat banyak subsatgas yang melibatkan semua Satker yang ada di Polda Papua hal ini dilaksanakan tidak lain adalah untuk mencegah dan menghentikan Penyebaran Covid-19 di Papua.

Terkait dengan tugas Sabhara Sendiri berada dalam Satgas Pencegahan bersama dengan Pamobvit dan Binmas yang setiap harinya melaksanakan Himbauan kepada seluruh masyarakat terkait pencegahan Covid-19 ini.

Perlu juga kita ketahui bersama bahwa kami sudah melaksanakan himbaun dari beberapa bulan yang lalu hingga pada hari ini kami melihat bahwa tingkat kesadaran masyarakat masih sangat rendah mengapa kami katakan demikian di karenakan kita masih banyak bertemu dengan masyarakat yang masih Kumpul-kumpul dan tidak menggunakan masker.

Kami juga sampaikan bahwa pada hari ini Pasar Hamadi dengan pertimbangan dari pemerintah Akan di Lockdown di karenakan ada yang Positif terjangkit Covid 19 dan sebagai antisipasi agar tidak bertambah lagi maka akan di laksanakan Karantina serta akan dihimbau kepada warga masyarakat agar tetap berada di rumah.

Oleh karna itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar bekerjasama dengan kepolisian dan juga pemerintah untuk taat terhadap aturan yang telah di keluarkan oleh pemerintan setempat.

Penyampaian Kasat Pol PP Prov. Papua yang intinya, Jadi perlu kami hingga pada hari ini Update Jumlah Yang terjangkit Covid-19 adalah 307 dan tran nya naik terus hal inilah yang harus kita hentikan bersama sama karna ini sangat memprihatinkan. Adapun upaya dari pemerintah yang terus berkolaborasi dengan kepolisian dalam hal ini Polda Papua terus bekerja keras seperti memberikan himbaun dan lain lain sebagainya.

Namun perlu kita pahami bersama bahwa ini adalah tugas kita bersama untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 bukan hanya pemerintah saja kita juga meminta kerja sama dari masyarakat agar mematuhi aturan pemerintah.

Kami juga meninta kepada masyarakat agar disiplin dalam hal kesehatan dan aturan pemerintah karna meskipun kita menghimbau setiap hari tapi dari diri sendiri tidak ada kesadaran hal inilah yang menajai problem kita bersama untuk itu kami meminta agar betul betul menerapkan Sosial Distancing Psycal Distancing agar kita semua bisa tehindar dari Pandemi Covid 19 ini.

Penyampaian Kasubbid 1 Dit Reskrimsus Polda Papua yang intinya, Untuk kita ketahui bersama bahwa tugas kepolisian disini adalah untuk menjaga kamtibmas agar situasi tetap Kondusif dan sebagai penegakkan Hukum sebagaimana tugas di dalam Satgas Aman Nusa 2 Matoa.

Namun hingga pada hari ini belum ada penindakan yang di lakukan oleh Satgas Gakkum yang di lakukan hanyalah himbaun kepada masyarakat sebagai langkah Preemtif atau pencegahan.

Hingga pada hari ini juga terus melakukan monitoring terhadap situasi di Papua saat ini serta terus memantau ketersedian dan harga bahan pokok di pasaraan karna ini juga sangat memperngaruhi situasi dan aktivitas masyarakat.

Selain dari pada itu kepolisian juga memantau penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat karna ini juga merupakan atensi dari Pimpinan Polri serta agar memastikan bahwa bantuan tersebut sampai kepada masyarakat. Hal ini dilaksanakan agar tidak terjadi penyalah gunaan atau penggelapan bantuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jayapura, 12 Mei 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua,

Komentar

News Feed