oleh

DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL KHUSUS POLDA METRO JAYA MENGUKIR NAMA BAIK POLRI

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jakarta – POLDA METRO JAYA dalam hal ini jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) karena telah mengungkap kejahatan kemanusiaan yang mampu menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan anak sejak dalam kandungan .

Penyerahan penghargaan disampaikan oleh Ketua KPAI, Arist Merdeka Sirait, yang diterima secara simbolis oleh Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/3/2020).

“Penghargaan ini disampaikan kepada jajaran Ditremkrimsus yang berhasil mengungkap kejahatan kemanusiaan yang menginspirasi masyarakat untuk sadar tentang pentingnya perlindungan anak sejak dalam kandungan,” ujar Arist ketika menyampaikan sambutan.

Pengungkapan kasus aborsi ilegal di kawasan Paseban, Jakarta Pusat, pada pertengahan Februari lalu sekaligus juga menangkap pelaku dan jaringannya di seluruh Indonesia,” katanya.

Lebih dari itu Arist mengungkapkan bahwa kinerja para penyidik, khususnya Sub Direktorat Sumber Daya Manusia dan Lingkungan (Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah memicu pengungkapan kasus-kasus perlindungan anak lainnya di beberapa wilayah seperti di Jawa Timur, Sulawesi Barat, juga di Sumatera Utara.

“Ini merupakan inspirasi secara nasional karena kasus ini juga kejahatan terhadap kemanusiaan yang menjadi isu internasional,” ujarnya.

Berikut para penyidik yang mendapat penghargaan dari KPAI atas kinerjanya yang inspiratif dalam mewujudkan perlindungan anak di Indonesia terkait pengungkapan kasus aborsi ilegal di kawasan Paseban, Jakarta Pusat:

  1. Kombes Pol. Iwan Kurniawan SIK, MSi (Dir Reskrimsus)

  2. AKB Moh. Irhamni, SIK MH (Wadir Reskrimsus)

  3. Kompol Saufi Salamun SIK (Kasubdit 3 Sumdaling)

  4. Kompol Tuti Timor Purwanti SSos (Kanit 5 Sumdaling)

  5. Iptu Aman J Siregar SH MH

  6. Iptu Indah Agustin SH

  7. Ipda Bachtiar SH

  8. Aipda Mangimpal Silaban SH MH

  9. Bripka Ramdani

  10. Bripka Aga Kurniawan, SH MH

  11. Bripka Amudi Lubis, SH MH

  12. Bripka Syahrul Ipik SH

  13. Brigadir Achmad Hafiz SH

  14. Brigadir Danang Sudira

  15. Brigadir Daniel Pratama Bone

  16. Briptu Rido P Sibuea.

  17. Briptu Army Hasan

  18. Briptu Fajar

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya ,Kombes Pol Iwan Kurniawan, di dalam balasan sambutannya, menyampaikan rasa terimakasih atas penghargaan yang di berikan oleh KPAI.

Ia juga menyampaikan selalu berupaya membongkar kasus yang sebelumnya juga pernah terjadi itu.

“Kali ini memang cukup besar, tetapi kami tetap akan terua menegakkan hukum juga mencegah dan mengajak segenap lapisan masyarakat untuk menghindari kasus – kasus aborsi ilegal,” ujar Kombes Pol Iwan Kurniawan.

Kombes Pol Iwan Kurniawan, juga mengatakan, kepada segenap jajaran yang dipimpinnya ,berharap penghargaan ini menjadi dorongan semangat dalam mencapai kinerja yang lebih baik lagi.

Lebih jauh Iwan mengatakan, Ditreskrimsus masih mengembangkan kasus ini dan mulai menemukan bukti – bukti baru yang akan diungkapkan jika sudah lengkap.

“Dalam perkembangan terakhir ,Sub Direktorat Sumber Daya dan Lingkungan ( Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, mencari tenaga medis seperti dokter dan puluhan bidan yang terlibat dalam jaringan aborsi ilegal di kawasan Paseban itu.
Jaringan aborsi ilegal ini mencakup berbagai wilayah di Indonesia karena memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui internet,” terang Kombes Pol Iwan Kurniawan.

( robertgnaibaho )

Komentar

News Feed