Dirlantas Polda Metro Jaya terapkan Crowd Free Night saat Natura 2022

DK Jakarta169 Dilihat

Jakarta , Investigasi Bhayangkara Indonesia – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) di sejumlah titik di Jakarta, pada saat natal dan malam tahun baru (Nataru) 2022. Kebijakan itu dilakukan untuk mengurai kerumunan dan mobilitas masyarakat.

Hal itu dikatakan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Dia menyebut bahwa rencana itu dilakukan sama seperti malam tahun baru sebelumnya yakni pembubaran adanya kerumunan.

“Kemungkinan kita akan melakukan crowd free night. Artinya seperti malam tahun baru 2020 ke 2021, nanti pergantian malam tahun baru dari 2021 ke 2022 kita juga melakukan hal yang sama,” kata Kombes Sambodo, Selasa Kemarin.

Meski begitu rencana kebijakan itu saat ini masih terus dimatangkan oleh jajarannya. Jika crowd free night pada malam tahun baru 2020 dilakukan di kawasan Sudirman-Thamrin pada pergantian malam tahun baru 2022 ini titiknya akan diperbanyak. “Seperti Taman Mini, di Ancol, di lokasi-lokasi yang sering dijadikan pelaksanaan acara tahun baru, akan kita lakukan crowd free night,” terang Dirlantas.

Kombes Sambodo menjelaskan, upaya itu dilakukan untuk menekan potensi penularan COVID-19 mengingat pengalaman sebelumnya setiap ada libur panjang, angka kasus positif COVID-19 bertambah.

Meski begitu, dia menyebut teknis penerapan dan juga titik yang akan diterapkan crowd free pada malam tahun baru 2022 tengah masih dimatangkan. Kebijakan itu nantinya diharapkan mencegah adanya kenaikan kasus Covid-19 selepas libur Natal dan tahun baru. “Setelah libur Nataru tidak jadi peningkatan Covid-19 yang signifikan,” pungkasnya.(*)