DPC Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) silaturahmi ke Makodim 0909 /Kutim dan Bakesbangpol

Investigasi Bhayangkara Indonesia, SANGATTA, KUTIM | Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) telah hadir merawat kebersamaan dan nilai budaya Batak Karo di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Usai dilantik beberapa waktu lalu, DPC HMKI Kutim bertandang ke Makodim 0909/KTM dan kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kutim, Rabu (21/9/2022).

Kunjungan dalam rangka silaturahmi itu diawali ke Mako 0909 Kodim/KTM, dipimpin langsung Ketua DPC HMKI Kutim Daniel Politius Sebayang didampingi sekretaris dan bendaharanya.

Berikut H. Kasmo Pital selaku dewan pembina HMKI Kutim hadir bersama jajaran pengurus DPC HMKI Kutim lainnya.

Dalam kunjungan ke Makodim 0909/KTM, jaranan DPC HMKI Kutim disambut baik dan apresiasi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto dan jajaran.

Orang nomor satu di Makodim 0909 Kutim ini mengharapkan masukan dan saran dari DPC HMKI Kutim dalam melaksanakan tugas sehingga senantiasa mendapatkan keselamatan, kesehatan dan ketentraman menjalankan tugas di Kutim

“Semoga dengan kunjungan ini dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas,” terang Dandim.

Selanjutnya di kantor Bakesbangpol, DPC HMKI Kutim disambut hangat oleh Kepala Badan (Kaban) Bakesbangpol Kutim, Muhammad Basuni di ruang kerjanya.

Muhammad Basuni berharap silaturahmi tersebut dapat menambah sinergitas dalam rangka membantu dan mendukung program-program Pemkab Kutim.

“Memang sudah menjadi bagian pemerintah untuk membina ormas dan paguyuban, karena sebetulnya mereka ini membantu pemerintah dengan program-programnya, terima kasih atas kunjungannya ini, kalau ada kebutuhannya terkait apa yang bisa dibantu, silahkan saja kita bagun komunikasi dan kordinasi bersama,” terang Muhammad Basuni.

Sementara itu, Ketua DPC HMKI Kutim Daniel Politius Sebayang menyampaikan, silaturahmi tersebut sebagai ajang untuk membangun sinergitas, serta agar lebih saling kenal mengenal antara Dandim 0909/KTM berikut Kaban Kesbangpol Kutim dengan para pengurus HMKI Kutim.

Dengan adanya silaturrahmi maka, ada kebersamaan yang semakin erat. Pria yang karib disapa Daniel ini juga tidak lupa menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan yang baik dari Dandim 0909/KTM dan Kaban Kesbangpol Kutim.

“Kami berharap Kodim 0909/KTM dan Bakesbangpol Kutim beserta seluruh jajaran pemerintah daerah dapat bersinergi dengan DPC HMKI Kutim, dalam membina dan menciptakan kebersamaan, serta merawat nilai adat dan budaya Karo di Kabupaten Kutim yang kita cintai ini,” ujarnya.

Pengurus HMKI Kutim dalam agenda silaturahmi itu juga menjelaskan bawah suku Batak terdiri dari 5 etnis, yaitu Batak Toba (Tapanuli), Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing (Angkola), dan Batak Pakpak (Dairi) yang memiliki bahasa yang berbeda-beda. HMKI sendiri memiliki kepengurusan dari Tingkat Pusat (PP), serta sejumlah pengurus wilayah, dan kabupaten/kota di Indonesia.

Diketahui, HMKI Kabupaten Kutim melangsungkan pelantikan di Gedung Yayasan Christiani Center Jalan Soekarno Hatta, pada Senin (16/5/2022) lalu, yang mana dalam pelantikan itu dihadiri langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwati Sebayang.
(Hs.G)