oleh

Forum Kabupaten Sehat Berau Ajak Kepala Kampung Wujudkan ODF

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com.Berau ,Kaltim –Jelang penilaian Kabupaten Sehat tingkat Nasional, Forum Kabupaten Sehat Berau telah melakukan persiapan, salah satunya membenahi setiap tatanan yang akan diverifikasi di kampung diantaranya Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan Tim Percepatan ODF, Forum Kabupaten Sehat di Kecamatan Kelay, pada Senin (5/4).

Rakor yang melihatkan seluruh Kepala Kampung se-Kecamatan Kelay tersebut dibuka langsung oleh Bupati Berau, Hj Juniarsih Maksir didampingi Wakil Ketua Forum Berau Sehat, Sultan.

Mengawali pembahasan, Wakil Ketua Forum Berau Sehat, Sultan mengatakan bahwa rakor ini membahas tentang persiapan dan strategi menghadapi penilaian/verifikasi lapangan tingkat Nasional, yakni penilian ODF yang ada di kampung-kampung.

“Ini penting dilakukan untuk merapatkan barisan bersama stakeholder terkait dalam rangka menyatukan presepsi tentang tatanan penilaian yang akan ditinjau oleh tim penilai nantinya, setidaknya kita bisa bisa kembali mempertahankan penghargaan Swasti Saba Padapa untuk yang kedua di Tahun 2021” katanya.

Sementara, Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Maksir, mengatakan tujuan utama program kabupaten sehat ini bukan semata-mata untuk meraih penghargaan, tapi juga untuk mewujudkan terlaksananya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni, diantaranya dengan melaksanakan ODF.

“Amanah yang kita jalani untuk mewujudkan ini berat, tapi ketika sudah menerima amanah ini kita tidak boleh berhenti atau mundur, kita harapkan kita bisa bekerjasama sama dengan baik, terutama dengan Kepala Kampung sebagai ujung tombak yang sangat penting,” katanya.

Dia menjelaskan l, ODF atau open Defecation Free adalah kondisi ketika setiap masyarakat dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, yang juga akan mengganggu makhluk hidup disekitarnya.

IBI /Team

Komentar

News Feed