Gelar Acara Syukuran Kapolres Melawi Berharap Polres Melawi Semakin Dicintai Masyarakat

KAL-BAR105 Dilihat

Polda Kalbar Polres Melawi – Polres Melawi melaksanakan acara Syukuran dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 di ruang Aula Tribrata Polres melawi. Kamis (1/7).

Kegiatan syukuran dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 tersebut dihadiri oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K, Forkopimda Kabupaten Melawi, Kepala OPD Kabupaten Melawi dan Para PJU serta Kapolsek Jajaran Polres Melawi.

Dalam acara Sukuran Tersebut Kapolres Melawi menyampaikan peringatan hari Bhayangkara ke-75 ini merupakan peringatan hari bhayangkara tahun kedua dimasa pandemi Covid-19, mengingat pentingnya makna kegiatan ini maka dengan memperhatikan prokes guna mencegah penyebaran Virus Covid- 19 kegiatan ini tetap kita laksanakan.

Peringatan hari Bhayangkara terkait erat dengan perjalanan sejarah Polri melalui terbitnya penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946, yang mana melalui penetapan tersebut Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri ditetapkan menjadi Jawatan tersendiri yang langsung berada di bawah perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan. Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen Kepolisian ke dalam satu Institusi Kepolisian yang bersifat Nasional.

“Kami bersyukur, sampai dengan saat ini Polri tetap Survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan bersama-sama dengan TNI dan komponen- komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

“Menyikapi perkembangan situasi saat ini terkait pencegahan Covid-19 bahwa Pemerintah telah mendorong Pemerintah Daerah untuk memperkuat implementasi pelaksanaan fungsi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro guna menurunkan laju pertumbuhan angka Covid-19”

“Berkaitan dengan kebijakan Pemerintah tersebut maka penguatan empat pilar di masyarakat dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan PPKM mikro tersebut. salah satu contoh penguatan empat pilar yaitu Kepala Desa/Kecamatan, Kepala Puskesmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. empat pilar ini memiliki fungsi yang kuat untuk melaksanakan pencegahan, penanganan, pembinaan, dan dukungan terhadap pelaksanaan PPKM mikro” Jelasnya.

“Terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (COVID-19) ini segala bentuk kegiatan harus tetap mematuhi protokol kesehatan termasuk acara syukuran hari ini juga tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah tersebut maka Polri bersama TNI serta elemen masyarakat secara sinergi tetap konsisten melakukan pengawasan dan pendisiplinan, serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan sehari-hari”

Sementara itu Dalam kesempatan yang sama Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, A.Md menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Melawi mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke – 75 kepada seluruh personel dan keluarga besar Polri dari sabang sampai merauke, terutama yang berada di Kabupaten Melawi. diiringi dengan ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas Polisi selama ini.

“Semoga pengorbanan yang tulus ikhlas tersebut dapat bermanfaat bagi kejayaan Bangsa dan Negara serta bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, Kami menyadari tentang pentingnya peran dan fungsi Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, oleh karena itu kami sangat mendukung sepenuhnya program dan terobosan-terobosan Polri yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif, menekan terjadinya angka kriminal dan kejahatan serta peredaran narkotika, yang intinya bertujuan untuk menciptakan Kabupaten Melawi menjadi daerah yang penuh kedamaian dan ketentraman” Ucapnya.

“Seiring bertambahnya usia, Pengabdian Polri, saya berkeyakinan bahwa kinerja Polri semakin arif, Peduli dan Tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi panutan bagi masyarakat. Saya berharap sebagai Institusi penyelanggaraan Ketertiban umum, Ketentraman dan Perlindungan masyarakat. Polri semakin menampilkan wajah yang tegas dan humanis. Wajah yang tegas yang berarti tidak mengenal kompromi dalam penegakan hukum, serta wajah humanis yang bersikap melindungi dan melayani serta berorientasi pada Prestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” Harapnya.

Penulis : Arbain