Gelar Apel Satkamling, AKBP Muhammad Yanis, Umumkan Kampung Kesehatan Sebagai Pos Satkamling Terbaik Di Wilkum Aceh Tamiang

Berita Hari Ini224 Dilihat

Aceh Tamiang – Kepolisian Resort Aceh Tamiang melaksanakan apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam rangka meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif yang berlangsung dilapangan apel Parama Satwika Mapolres Aceh Tamiang, Rabu (21/06/2023).

Sebagaimana program Kapolri tentang revitalisasi Satkamling yang menjadi garda terdepan di setiap lingkungan, Satkamling juga menjadi peringatan dini potensi kejahatan dan melakukan pencegahan prediktif.

Satkamling merupakan unit terkecil yang beranggotakan warga setempat di tingkat. Sehingga solidaritas dan kepedulian warga juga perlu dibangun dengan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI-Polri serta pemangku kepentingan lainnya.

Hal itu disampaikan Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis, S.I.K, M.H saat memimpin apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling).

“Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat, Ralph Waldo Emerson bahwa sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam dirimu sendiri,” ucap Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga menerangkan, agenda Pemilu 2024 menjadi tantangan Satkamling ke depan. Untuk itu, Satkamling diharapkan menjadi sistem pendingin agar tidak ada perpecahan masyarakat karena perbedaan pilihan.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan,” terang Kapolres Aceh Tamiang

Dari data Mabes Polri awal tahun 2023, Kapolres menyampaikan dari total 230.028 pos Satkamling di Indonesia hanya 60 persen atau 134.753 pos Satkamling yang aktif sedangkan 95.275 pos dinyatakan tidak aktif.

Untuk diketahui, apel Satkamling dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

Disela kegiatan tersebut, Kapolres Aceh Tamiang juga mengumumkan pemenang Lomba Pos Satkamling di Wilkum Polres Aceh Tamiang yang di raih oleh Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru.

Penyerahan hadiah diberikan langsung kepada Syariful Alam Datok Penghulu (Kepala Desa) Kampung Kesehatan sebagai Pos Satkamling Terbaik di Aceh Tamiang.


Turut hadir dalam apel tersebut Forkopimda Aceh Tamiang, PJU Polres Aceh Tamiang dengan diikuti peserta yang terdiri dari unsur TNI dan Polri serta aparatur di tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa.