Gubernur Sulawesi tengah melakukan penaburan benur udang paname perdana di sejoli kab.parimo

SUL-TENG324 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , bersama rombongan Tiba di Sejoli kabupaten Parigi Moutong disambut Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE. dan Rudi hartanto wibowo. Komisaris PT. Parigi Aguakultura Prima , Kelompok Budi Daya Ikan , Minggu, 4 Juli 2021.

Tujuan Kunjungan Gubernur dan Rombongan di Desa Sejoli Kecamatan Moutong , Untuk melakukan Penaburan Benur Udang Paname Perdana pada Kolam Kelompok Budaya Udang PT. Aquakultura Prima .

Selanjutnya Gubernur dan rombongan mendengar penjelasan dari Manajemen PT. Aquakultura Prima Heri Handoyo , pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Investasi Kelompok Budi Daya Ikan PT. Aquakultura Prima bersama masyarakat 

Sepenuhnya ditanggung Perusahaan , dan dilakukan Kerja Sama Bagi Hasil dengan masyarakat,

Lokasi Tambak 250 Ha. Dan sudah di kelola 40 Ha dan yang sudah kapasitas 30 Kolam  dan saat ini dalam pengembangan Kolam sebanyak 28 Kolam dengan Investasi saat ini sudah mencapai 70 M dan kedepan akan melakukan Investasi 600 M.

Investasi ini dibuat dengan metade yang ramah lingkungan dan hasil limbah  tambak akan diolah menjadi pupuk organik dan akan didistribusikan kepada  masyarakat .

Kedepan PT. Aquakultura Prima akan membangun hali pad untuk kebutuhan tamu tamu yang akan mengunjungi lokasi PT. Aquakultura Prima .

Kedepan  PT. Aquakultura Prima 

akan bekerja sama dengan IPB Bogor untuk pengembangan Tambak Indor dalam Ruangan , dengan sistem super intensiv. 

Kami mohon bantuan bapak , untuk meningkatkan kapasitas listrik dan mengawasi masyarakat disekitar tidak melakukan bom untuk menangkap ikan karena kedepan bisa mengganggu bududaya 

Selanjutnya PT. Aquakultura Prima akan memperluas Investasi di Luwuk di Toiba melalui Toiba Marindo Lestari luas areal seluas 400 Ha.

Di kabupaten Parigi Moutong saat ini di kembangkan Sekolah Tinggi Kelautan dan Perikanan diharapkan kedepan lulusannya dapat menjadi SDM yang bisa mendukung  PT. Aquakultura Prima  kedrpan.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura , menyampaikan dengan potensi yang ada kita harus mampu memprokduksi 200 Ribu Ton , kita memiliki garis pantai 6.000 Km jadi sangat mungkin kita mencapai target itu kata Gubernur,  sehingga seluruh kebutuhan sarana pendukung untuk itu seperti listrik .

Saat ini Pembangunan Pembangunan Pembangkit listrik baru sudah harus dipersiapkan.

Kita harus kembangkan Pelabuhan Pantoloan sebagai pelabuhan Ekport dengan harapan dampak dari Ekport kita ada untuk daerah banyak tantangan kita kedepan ,  

Selanjutnya Perusahaan daerah kita harus memiliki peran besar untuk mengelola potensi yang ada di daerah.

Sore ini saya sangat gembira , didaerah ini ada investasi Budidaya Udang yang besar sudah ada di tiga kabupaten, Parigi Moutong , Banggai  dengan buol.

Saya berharap semuanya untuk kesejahtraan masyarakat.

Saya berharap kedepan targetkan tingkat kemiskinan kita bisa turun sampai diangka 7 %.

Pada Kesempatan Itu Gubernur juga menyampaikan bahwa  Prioritas utama saat ini adalah Penyelesaian Rehab dan Rekon dampak Bencana dan Masalah Covid tahun semoga permasalahan tersebut bisa kita selesaikan.

Gubernur menyampaikan  mengharapkan kekayaan daerah kita ini harus memberikan dampak kepada masyarakat , masa daerah kita kaya banyak masyarakatnya miskin , saya sudah sampaikan kepada menteri Investasi dan Penanaman modal , supaya membuat regulasi yang memberikan dampak tambang kepada Daerah lokasi Tambang.

Kedepan kita akan kembangkan daerah ini dengan model In Corporate dan akan ditetapkan dalam RPJMD .

Gubernur saat itu juga menyampaikan , saya ini hanya punya mimpi mimpi , saya minta kita semualah yang dapat mewujudkan .

Saya sampaikan trimakasih kepada Komisaris PT. Aquakultura Prima atas investasinya di daerah kami , semoga rejekinya lebih besar untuk berinvestasi lebih besar di Sulawesi Tengah, untuk mendukung kebutuhan sarana yang dibutuhkan saya akan dukung , saat ini juga saya minta bahwa dalam  kekayaannya pak Rudi hartono Komisaris PT. Aquakultura Prima ada hak haknya orang orang Miskin .

Diakhir sambutan Gubernur menyampaikan Sisa hidup saya untuk pengabdian dan semoga amanah masyarakat kepada saya dapat memberikan dampak kepada yang sangat besar kepada  masyarakat. 

Terakhir Gubernur dan rombongan melakukan penaburan benih untuk 30 kolam , dengan jumlah benih 8,5 juta Ekor Benih dan target produksi kedepan 210 Ton .

Pewarta : Faisal
Sumber. : Biro Administrasi Pimpinan