Ibadah Misa di Dua Gereja Besar Sekadau Mendapat Pengamanan Polisi

KAL-BAR207 Dilihat

SEKADAU, Polda Kalbar – Ratusan jemaat Katholik memadati gereja Paroki St. Petrus dan Paulus yang terletak di jalan Merdeka Selatan, desa Sungai Ringin, kecamatan Sekadau Hilir pada Minggu (10/9/2023).

Ibadah misa pagi dipimpin oleh pastor Gres, SDV, selama ibadah berlangsung mendapat pengamanan dari aparat kepolisian melalui regu siaga Polres Sekadau.

Misa pagi dimulai pukul 07.00 WIB, dengan personel regu siaga sudah standby di gereja sejak pukul 07.30 WIB. Pengamanan diawali dengan memberikan pengaturan lalulintas kepada jemaat yang datang menggunakan kendaraan R2 atau R4.

Kasat Intelkam Polres Sekadau, IPTU Didik Darman Putra, selaku Padal dalam pengamanan tersebut menyebutkan bahwa ada dua gereja yang mendapatkan pengamanan, yaitu Gereja Paroki St. Petrus dan Paulus di jalan Merdeka Selatan serta gereja Agung Paroki St. Petrus dan Paulus di jalan Merdeka Barat.

“Regu siaga ini terdiri dari gabungan lintas satuan fungsi dan staf di Polres Sekadau. Mereka tersebar di sekitar gereja dengan fokus pada pengamanan jemaat yang sedang menjalankan ibadah misa,” jelas IPTU Didik.

IPTU Didik menambahkan, tujuan utama dalam pengamanan ini adalah untuk menjaga agar ibadah berjalan dengan aman, khidmat, dan menghindari kemacetan mengingat lokasi gereja yang bersebelahan dengan jalan raya.

“Selama pelaksanaan tugas, regu siaga juga mendapat pengawasan dari Propam Polres Sekadau guna menjaga kedisiplinan dalam melaksanakan tugas,” tukasnya.

Pihak gereja dalam ibadah misa pagi tersebut mengapresiasi upaya kepolisian dalam memberikan pengamanan. Kehadiran personel regu siaga memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang ingin menjalankan ibadah. (Cs)