Idul Adha, Polres Salatiga Kurban 5 Sapi dan 11 Kambing

JA-BAR, JA-TENG102 Dilihat

KEBUMEN, IBINews.co.id – Polres Salatiga Polda Jateng – Lima Ekor Sapi dan sebelas Kambing dari Keluarga Besar Personil Polres Salatiga dan jajarannya disembelih pada Idul Adha 1445 H Tahun 2024, di Halaman Masjid Sunan Kalijaga Polres Salatiga, Senin 17/06/2024.

Satu Ekor Sapi Jenis Limosin Atas Nama Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi beserta keluarga. Penyembelian disaksikan langsung oleh Kapolres Salatiga bersama PJU (Pejabat Utama) Polres Salatiga serta Anggota Polres Salatiga dan tamu undangan yang hadir.

Sebelum penyembelihan, hewan kurban telah diperiksa kelayakan dan kesehatannya oleh Drh. Meta Iqomah yang menyatakan bahwa kelima ekor sapi dan 11 ekor kambing dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi dalam sambutannya sesaat sebelum penyembelihan hewan kurban menyatakan bahwa kurban merupakan wujud syukur kita dan meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

“Wujud syukur sekaligus tunduk dan pasrah atas perintah Allah SWT. Dengan berkurban kita juga dapat menumbuhkan sifat senang berbagi dan peduli dengan orang lain.” ucap AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi.

Pada Idul Adha 1445 H Tahun 2024 ini, Polres Salatiga melaksanakan pemotongan hewan kurban berupa sapi sebanyak 4 (empat) ekor dari 5 (lima) ekor sapi, sementara 1 ekor sapi dan 11 (sebelas) kambing yang merupakan hewan kurban dari Anggota Jajaran Polres Salatiga diberikan kepada Ketua FKUB serta beberapa Ponpes yang ada di Kota Salatiga.

Daging hewan kurban nantinya akan dibagikan langsung kepada keluarga besar anggota Polres Salatiga, para purnawirawan dan warga masyarakat yang berhak, semoga hal ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerima dan menjadi ladang amal bagi anggota Polres Salatiga khususnya yang melaksanakan kurban pada Idul Adha 1445 H Tahun 2024 ini dan nanti untuk tekhnis pembagian daging kurban akan dibagikan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima, tutup AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi M.Si, Psi.

Adapun hewan kurban lainnya yaitu satu ekor sapi diserahkan ke Ponpes Masitoh, dan masing-masing satu ekor kambing diserahkan ke Musholla Darul Salam Pengilon, Ponpes Darul Falah, Pondok Ittihadul Asna, Masjid Al Muawanah, Ponpes Darul Husna, PA Darul Khadlanah, Ponpes Sunan Giri, Pondok Al Bayan, Ketua FKUB dan Ponpes Tarbiyatul Islam Al Falah.

Hewan-hewan kurban sebelum disembelih juga telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan dan setelah disembelih organ dalam juga diperiksa satu persatu secara teliti.

drh Meta Iqomah menyatakan bahwa dari pemeriksaan secara teliti untuk hewan kurban yang disembelih di Polres Salatiga dinyatakan sehat dan layak konsumsi, dengan post mortem terhadap hewan kurban setelah kira periksa isi rongga perut dan isi rongga dada baik hati, limpa, jantung dan organ dalam kondisi sehat serta layak konsumsi, jelas drh Meta Iqomah.

Pada kesempatan berbeda Kapolres Salatiga menyatakan bahwa Idul Adha tentu menjadi momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, berkurban merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu dan dengan berkurban serta berbagi daging akan meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama, sekaligus sebagai wujud syukur dan bentuk kepedulian kita terhadap sesama, tutup AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.si, Psi.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)

(KASWI/RED IBI)