IKN Pindah Ke Kaltim, Pemkab Berau Siapkan 2 Sektor Unggulan Untuk Berkontribusi

KAL-TIM181 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, BERAU | Keputusan Presiden Republik Indonesia , Ir. H. Joko Widodo untuk melakukan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Nusantara, ke pulau Kalimantan tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi angin segar tersendiri bagi daerah sekitarnya.

Terutama wilayah sekitar IKN tersebut dapat berkontribusi dalam mengembangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masing-masing dalam hal menyuplai berbagai logistik ke IKN tersebut.

Asisten II Sekretariat Daerah Berau, Agus Wahyudi bagian Pembangunan dan Perekonomian mengungkapkan, dengan adanya pemindahan IKN di Kalimantan Timur itu merupakan suatu peluang besar bagi Kabupaten Berau yang merupakan wilayah Interland untuk dapat berkontribusi langsung ke IKN itu.

“Jadi daerah-daerah interlandnya ini harus sudah siap menyiapkan logistik untuk kebutuhan IKN. Untuk tahap pertama saja itu akan ada perpindahan penduduk sekitar 1.5 juta, belum lagi tahun berikutnya,” Ungkap Agus Wahyudi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Agus Wahyudi mengatakan, dengan perpindahan penduduk dan orang berinvestasi serta segala macam otomatis memerlukan logistik.

Dirinya menambahkan, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati salah satunya ialah ingin bertranformasi ekonomi dari yang tidak bisa diperbarui sampai kepada yang bisa diperbarui.

Ia menyebut untuk yang bisa diperbarui itu ada dua yakni potensi Pariwisata, dan Pertanian dalam arti luas.

“Kalau pertanian dalam arti luas itu terdiri dalam 4 sektor perkebunan peternakan, perikanan, tanaman pangan. Nah ini punya peluang yang besar dan kita punya pangsa- pangsa pasar yang besar terutama nanti dengan pindahnya IKN di Kalimantan Timur,” Ujarnya.

Agus Wahyudi berharap dengan adanya 2 sektor andalan ini Kabupaten Berau bisa menyuplai berbagai macam logistik untuk keperluan IKN nantinya, serta pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Berau semakin meningkat dan PAD dapat maksimal.

(Fery)