oleh

Irjen Pol Drs.Firman Shantyabudi,M.Si resmi menjabat Kapolda Jambi

Investigasibhayangkara.com, Jakarta Mabes Polri – Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si, hari ini resmi menjabat sebagai Kapolda Jambi. Hal itu ditandai dengan telah dilaksanakanya upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, bertempat di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/02/20) pagi.

Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si resmi menjabat Kapolda Jambi menggantikan Irjen Pol Drs. Muchlis AS, MH. Sementara, untuk jabatan baru Irjen Pol Drs. Muchlis AS, MH akan menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Wuyono mengatakan dalam upacara sertijab Kapolda Jambi itu juga turut dihadiri oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

“Tadi inspektur upacaranya Kapolri. Seluruh pejabat utama Polri hadir, Wakapolri dan Irwasum,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Wuyono , di Mabes Polri, Selasa (11/02/20).

Lanjut Brigjen Pol Argo mengatakan, pagi ini kita telah melaksanakan serah terima jabatan Kapolda Jambi. Perputaran jabatan Kapolda merupakan hal yang biasa untuk reorganisasi,” ucapnya.

Selain Kapolda Jambi, ada tujuh Kapolda lainnya yang turut dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, diantaranya; Kapolda Kalimantan Barat yang saat ini dijabat Irjen Remigius Sigit Tri Hardjanto, Kapolda Sulut yang saat ini dijabat oleh Irjen Royke Lumowo. Kemudian, Kapolda Maluku akan dipimpin oleh Brigjen Baharudin Djafar. Sedangkan, Kapolda Sulbar akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno. Kapolda Aceh akan dijabat Brigjen Wahyu Widada menggantikan Irjen Rio Septianda Djambak yang dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri.

Sedangkan, Kapolda Maluku akan diisi Brigjen Baharudin Djafar yang kini menjabat Kapolda Sulbar. Artinya Brigjen Baharudin Djafar bakal promosi mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang dua.

Kapolda Sulbar akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno. Kapolda Aceh akan dijabat Brigjen Wahyu Widada menggantikan Irjen Rio Septianda Djambak yang dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Lalu, Kapolda Gorontalo akan dijabat Brigjen Adnas menggantikan Brigen Wahyu Widada yang dipromosikan menjadi Kapolda Aceh.

Wakapolda Kalteng Brigjen Rikwanto akan menjabat Kapolda Maluku Utara.

Untuk diketahui, mutasi jabatan perwira tinggi Polri ini tertuang dalam keluarnya Surat Telegram Kapolri Nomor ST / 385 / KEP / 2020 tertanggal 3 Februari 2020. Surat tersebut ditandatangi AS SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S. usai Sertijab, Irjen Pol Firman mengatakan tidak ada program kerja khusus untuk 100 hari pertama masa jabatannya sebagai Kapolda Jambi.

“Tidak ada (program kerja seratus hari) Begitu bertugas (sebagai Kapolda Jambi) harus langsung adaptasi dengan apa yang harus dikerjakan. Saya juga menunggu masukan dari teman-teman,” ujar Firman.

Meski tidak ada program khusus, namun Firman mengatakan ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian khusus. Salah satunya pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Jambi.

“Jambi termasuk yang akan melaksanakan Pilkada. Ini akan menjadi perhatian kita bersama lintas sektoral lainnya,” kata Firman.

Selain itu, Firman berharap tahun ini tidak ada kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Jambi. Untuk itu, kata Firman, langkah antisipasi akan terus dilakukan bersama pihak terkait lainnya.

Kerawanan-kerawanan yang khas di Jambi akan kita antisipasi. Termasuk karhutla. Kita akan koordinasi dengan teman-teman yang sudah pengalaman menangani masalah karhutla. Intinya jangan ada api (Karhutla) pungkasnya.

Komentar

News Feed