Jokowi : Ditengah kesibukan menghadapi Pandemi Covid-19 juga punya pekerjaan besar yakni antisipasi kebakaran hutan dan lahan

DK Jakarta181 Dilihat

Investigasibhayangkara.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan ” Di tengah kesibukan kita menghadapi pandemi ini, kita juga memiliki pekerjaan besar lain yakni mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saya mendapat laporan bahwa sebagian besar wilayah kita akan mengalami puncak kemarau pada bulan Agustus mendatang.

Untuk itulah, dalam rapat terbatas siang ini di Istana Merdeka, saya menegaskan dan mengingatkan kembali segenap jajaran pemerintah untuk tetap melakukan koordinasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Jangan sampai api membesar baru kita padamkan.

Di samping itu, sebagian besar karhutla terjadi karena ulah manusia baik yang disengaja maupun karena kelalaian. Maka, penegakan hukum terhadap tindakan tersebut harus diterapkan secara tegas dan tanpa kompromi.

Mengenai pencegahan kebakaran di lahan gambut, saya menginstruksikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Badan Restorasi Gambut untuk siaga menjaga tinggi muka air pada lahan gambut untuk mencegah terjadinya kekeringan dan kebakaran lahan ucap Presedin RI Joko Widodo..

Komentar