oleh

JPN Kejati Sulteng berhasil mengamankan Aset Milik Pemprov Sulteng Senilai 47,6 Milyar

Investigasi bhayangkara indonesia.com. PALU – Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Tengah Agung Pamungkas, SH.,MH didampingi Kasipenkum Reza Hidayat, SH., MH mengundang Konferensi Pers kepada awak media, wartawan cetak dan online diruang Baharuddin Lopa, Kejati Sulteng, Rabu (9/6/21).

Tim Jaksa Pengacara Negara yang juga mewakili Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Agung Pemungkas SH., MH, selaku, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sulteng menjelaskan bahwa sebelumya Bidang Datun Kejati Sulteng mendapatkan Surat Kuasa Khusus dari Dinas Olahraga Dan Pemuda Provinsi Sulawesi Tengah terhadap gugatan yang diajukan oleh warga masyarakat atas nama Bunia dan kawan-kawan terhadap aset milik Pemprov melalui Dinas Olahraga dan Pemuda yaitu dalam hal ini Lapangan Golf yang ada di Talise

Kronologis Permasalahan Perdata
Nomor : 113/Pdt.G/2020/PN Pal Tanggal 12 November 2020.

Kasus posisi :
Bahwa para pengugat Bunian dan kawan-kawan menggugat lahan obyek sengketa dalam perkara ini yaitu lapangan golf Palu seluas 80.000 M2 (delapan puluh ribu meter persegi) milik aset Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah.

Putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palu :
Bahwa setelah Ketua Majelis Hakim memeriksa kehadiran para pihak kemudian Ketua Majelis Hakim membacakan Putusan Perkara Perdata Nomor NOMOR : 113/Pdt.G/2020/PN Pal yaitu :
Gugatan Pihak Para Penggugat Tidak dapat Diterima (Neit Ontvantkelik Verklar) dengan alasan :
Gugatan para Penggugat Kabur (Obscur Libel).
Gugatan para Penggugat Cacat Formil yaitu antara Posita (Dalil-dalil yang diajukan) dengan Petitum (Tuntutan yang dimintakan) tidak Sesuai.
Pengadilan Negeri Palu tidak berwenang untuk mengadili terkait Petitum para Penggugat untuk menetapkan para Penggugat sebagai ahli Waris karena menjadi kewenangan Pengadilan Agama.
Bahwa sebelum sidang ditutup dan Majelis Hakim memberikan waktu selama 14 (empat hari) kepada para Pihak untuk menyatakan sikap atas putusan yang dibacakan apakah menerima putusan atau akan melakukan upaya hukum.

Kesimpulan :
Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah berhasil membantu mengamankan aset milik Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah senilai Rp. 47.653.965.000,00 (empat puluh tujuh milyar enam ratus lima puluh tiga juta Sembilan ratus enam puluh lima ribu rupiah).

“Alhamdulillah pada kesempatan hari ini, Majelis Hakim yang mengadili Perkara Nomor 113/Pdt.G/2020/PN Palu, telah memutus Pekara ini dimana pada putusan tadi Alhamdulillah bahwa gugatan dari pada pengugat di Tolak sehingga aset itu tetap menjadi milik Dinas Pemprov Sulteng. dimana dengan keberhasilan itu bahwa jajaran Bidang Datun telah berhasil mengamankan aset milik dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah, senilai Rp. 47.653.965.000,00 (empat puluh tujuh milyar enam ratus lima puluh tiga juta Sembilan ratus enam puluh lima ribu rupiah).

Lanjut kata Kasi Datun Agung Pamungkas semoga dengan keberhasilan ini jajaran Bidang Datun akan segera mendampingi dari Dinas Pemuda dan olahraga untuk persertifikatan, sehingga cepat bersertifikat dan semoga tidak ada lagi gugatan,” terangnya.

( Faisal)

News Feed