oleh

KALEMDIKLAT POLRI PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN PENDIDIKAN AHLI GOLONGAN T.A 2020 SPN POLDA PAPUA


Investigasi Bhayangkara Indonesia, com.
Jayapura – Pada hari Selasa tanggal 22 September 2020 Pukul 09.55 WIT s/d 10.20 WIT, bertempat di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Ahli Golongan dari Bintara ke Perwira Polri T.A 2020 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si dan diikuti oleh 102 orang Peserta didik dengan rincian 67 orang dari Polda Papua dan 35 orang dari Polda Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan:
Ka SPN Polda Papua KOMBES POL Taufiq Irpan Awaluddin, SH, Auditor Madya TK. III Itwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Bedjo P.S, Kabid Puslabfor Polda Papua AKBP Drs.Maruli Simanjuntak, MH.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Hymne Polri, Pernyataan pembukaan pendidikan secara virtual oleh Kalemdiklat Polri Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si., Penanggalan pangkat efektif dan penyematan pangkat Siswa oleh Ka SPN Polda Papua Kombes Pol Taufik Irwan Awaludin, SH. Serta adapun amanat inspektur upacara secara virtual oleh Komjen. Pol. Drs. Arief sulistyanto, M.Si.

Pada pandemi Covid-19 ini kedepan Polri harus melakukan mobilisasi dengan mode pembelajaran jarak jauh agar seluruh program pendidikan dapat berjalan sesuai dengan cita-cita Polri kedepan, Saya yakin dalam perjalan peserta didik Perwira Alih Golongan anggota Polri selama ini telah pengembangan tugas selama sekitar 25 tahun, banyak pengalaman yang sudah dilalui untuk mengikuti pendidikan Perwira.

Mungkin ada yang sudah mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi dan akhirnya bisa sekarang mengikuti pendidikan Perwira Alih Golongan begitu pula pasti ada yang tidak lancar dalam mengikuti seleksi Perwira Alih Golongan, untuk itu Polri bisa merekrut 2.500 orang peserta didik diseluruh Polda ini adalah satu jumlah besar yang dibutuhkan.

Dalam Polri ada sebanyak 70 persen diisi oleh Perwira Alih Golongan, 20 persen dari Sekolah Inspektur Polisi dan 10 persen Perwira lulusan Akademi, Perwira Alih Golongan hampir mendominasi seluruh komposisi Perwira yang ada dilingkungan Polri, oleh karena itu saya berharap kepada para peserta didik agar kesempatan yang diberikan diantara saudara dimanfaatkan dengan baik.

Apa yang telah dicapai saat ini harus dilandasi dengan penuh rasa syukur, sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri kalian menjadi Perwira yang baik, hilangkan dan bakar daun-daun kering sampai habis pengalaman-pengalaman perilaku selama menjadi seorang Bintara, kesempatan selama 1 bulan ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kalian untuk mempersiapkan diri menjadi seorang Perwira.

Pendidikan 1 bulan tentu sangat singkat yang harus kalian lakukan adalah melakukan introspeksi diri apa yang sudah saya lakukan dimasa lalu dan apa yang akan saya lakukan setelah nanti selesai pendidikan dan menjadi seorang Perwira, tentu kalian akan memiliki peran yang berbeda daripada peran saudara sebelumnya yang harus merencanakan kegiatan, memberi petunjuk dan mengawasi para pelaksana tugas di Lapangan yang menjadi tanggung jawab saudara.

Oleh karena itu selama 1 bulan ini dengan metode pembelajaran jarak jauh diharapkan saudara bisa mengikuti dengan seksama ikuti dengan baik, kepada para pengajar dalam hal ini kepala Setukpa sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan ini dengan dibantu oleh para kepala SPN, para tenaga pendidik dan seluruh komunitas pendidikan diseluruh satuan pendidikan agar mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan materi yang sudah disiapkan agar betul-betul disampaikan secara efektif kepada para peserta.

Kepada para Kapolda dan Pejabat Utama Polda yang mungkin harus melibatkan para Perwira sebagai tenaga pendidikan tetap kami mohon dukungan untuk bisa ikut mengawasi pendidikan sehingga proses pendidikan Alih Golongan ini bisa berjalan dengan baik karena seluruh Perwira ini nanti akan kembali pada suatu wilayah dan akan membantu satuan wilayah didalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian, oleh karena itu pada

Komentar

News Feed