oleh

KAPOLDA PAPUA HADIRI PERESMIAN TAMAN PINTAR DAN PENANAMAN BIBIT SAGU SERTA BAKTI SOSIAL DI KAMPUNG YOBOI KABUPATEN JAYAPURA

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jayapura – Pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020, Pukul 13.15 Wit bertempat di Kampung Yoboi Distrik Sentani Kabupaten Jayapura telah berlangsung kegiatan kunjungan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Watetpauw dalam rangka peresmian taman pintar dan penanaman bibit sagu serta Bakti Sosial.

Hadir dalam kegiatan:
Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Staf Alhi Presiden khusus Papua, Dr. Klaus Rumayom, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon.SH.S.IK.,MH.M.Si, Danramil 1701-01 Sentani, Mayor John Dahar,SH, Kabag Ops Polres Jayapura AKP Deddi Puhiri,S.IK, Kapolsek Sentani Kota AKP Ruben Palayukan,S.P.T.SIk, Kasat Lantas Polres Jayapura AKP Andika Purba. S.IK, Kepala Markas Pol Airud Polda Papua Iptu Djiwantu, Kasat Polairud Polres Jayapura Iptu Gustam, Perwakilan MRP Seksi Keagamaan Ibu Dorlince Mehue, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jayapura, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayaputa, Kepala Cabang (PB1) BNI Cabang Jayapura, Bpk. Eriza, Ketua PGGJ Kabupaten Jayapura, Pdt. Roby Depondoiye, Ketua Klasis GKI Sentani Pdt. Pither Yom, Perwakilan Spirit Of Papua, Abhuafa Kampung Yoboi, Dr. John Manangsang, Kepala kampung yoboi, Bpk. Sefanya Wally, Masyarakat Kampung Yoboi.

Kepala Kampung Yoboi, bapak Sefanya Wally dalam kesempatannya mengatakan bahwa atas nama masyarakat Kampung Yoboi kami mengucapkan selamat datang kepada bapak Kapolda Papua serta kepada bapak Klaus Rumayom, Ibi Dorlince Mehue serta para tamu dari TNI-Polri dan perwakilan dari Pemda Kabupaten Jayapura.

Dalam kesempatan ini kami akan memperkenalkan Kampung Yoboi sebagai kampung wisata bahari serta pengembangan tanaman sagu di Kampung Yoboi yang saat ini kami sedang kembangkan.

Dengan melihat banyaknya para tamu wisata yang datang ke Kampung Yoboi ini maka kami merasa bangga dengan hasil kreatifitas para pemuda Kampung Yoboi dan kami selaku orang-orang tua akan mendukung dengan kreatifitas para pemuda yang telah menciptakan Kampung Yoboi sebagai kampung wisata.

Danramil 1701-01 Sentani Mayor John Dahar,SH dalam kesempatannya mengatakan bahwa yang terhormat bapak Kapolda Papua, bapak Klaus Rumayom sebagai staf ahli presiden, perwakilan MRP ibu Dorlince Mehue, Kapolres Jayapura serta para pemangku adat di Kampung Yoboi.

Saya menyampaikan kepada masyarakat Kampung Yoboi bahwa yang hadir disini saat ini adalah orang-orang hebat di Papua, sehingga kita harus bangga atas berjalanya kegiatan ini dan kehadiran mereka.

Sebagai kampung wisata yang melekat di Kampung Yoboi saat ini harus di ikuti dengan budaya yang bersih sehingga kita harus melekatkan kebersihan lingkungan ini di dalam kehidupan kita seterusnya serta membiasakan diri untuk membuang sampah di tempatnya sehingga masyarakat yang datang di kampung ini akan merasa nyaman dan senang dengan keindahan alam wisata di Kampung Yoboi.

Koordinator kegiatan yang di wakili oleh pemuda PAM GKI, bapak Frans dalam kesempatannya mengatakan bahwa saat ini kita berkumpul ditempat ini dalam rangka untuk meresmikan taman bacaan pintar serta penanaman bibit sagu yang merupakan destinasi wisata unggulan Kampung Yoboi setelah Dermaga Yoboi.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para tamu undangan yang telah hadir yang secara tidak langsung telah memberikan sprit yang luar biasa kepada kami para pemuda. Kami sebagai para pemuda penggagas tempat wisata ini masih merasa jauh usaha kami untuk memajukan kampung ini sehingga kami tetap memohon bantuan oleh pihak-pihak terkait.

Aktifis Pemuda GKI Port Numbay (Staf Ahli Presiden) Dr. Klaus Rumayom dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada para aktifis pemuda GKI Sentani dan Port Numbay yang telah menggagas kegiatan ini.

Kegiatan kita hari ini ada tiga Item yakni Peresmian Rumah Pintar, Penanaman Sagu, dan Kerja Bakti di Kampung Yoboi ini untuk membersihakan sampah-sampah plastik yang masih berserakan.

Saya berharap kepada kita semua dalam berkunjung di kampung ini sebagai kapasitas penguatan masyarakat lokal , sehingga kampung ini harus di dukung oleh seluruh instansi-inatansi yang ada.

Kita akan banyak mendukung para pemuda yang saat ini masih ikut pusaran negatif maka kita akan mencoba untuk merubah ke kegiatan yang positif bagi para pemuda tersebut sehingga mereka akan merasa diperhatikan dan berguna bagi masyarakat di kampung.

Di luar daerah terdapat tempat-tempat wisata yang sangat berpotensi dengan pendapatan daerah yang tinggi, maka di Sentani ini akan kita bangun tempat wisata untuk mendongkrak inkam daerah yang mana tempat tersebut adalah dimulai dari Kampung Yoboi dan Danau Sentani.

Perwakilan MRP Pok keagamaan ,Ibu Dorlince Mehue dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada tuhan atas berjalanya kegiatan ini, yang mana saat ini saya berdiri di MRP di gerakan oleh GKI di tanah Papua sehingga saya bisa berdiri seperti ini di hadapan saudara-saudara.

Mari kita beri apresiasi yang luar biasa atas berkembangnya kampung ini yang viral menjadi kampung wisata sehingga menarik banyak masyarakat dari luar kampung bahkan dari luar Daerah Papua untuk hadir mengunjungi Kampung Yoboi untuk berwisata.

Dalam kesempatan ini saya berpesan kepada bapak Klaus Rumayom untuk menyampaikan pesan kita dari Masyarakat Sentani agar bapak Presiden bersedia untuk datang dan keliling di Danau Sentani sehingha bapak Presiden tidak hanya melihat keindahanya saja namun dapat merasakanya langsung.

Kampung Yoboi ini juga sebagai pencetus kampung pencipta gizi yang mana sampai saat ini seluruh kampung-kampung mengikuti cara Kampung Yoboi untuk bercocok tanaman sayur untuk mengembangkan kampung gizi dan itu merupakan hal yang sangat luar biasa bagi kampung Yoboi

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya mengatakan, yang saya hormati bapak Klaus Rumayom, bapak John Manangsang, para kepala suku, pemuda-pemudi GKI , anggota TNI-Polri serta para hadirin yang hadir ditempat ini.

Saya merasa terharu sekali pada saat tiba ditempat ini, yang mana saya melihat kampung ini adalah gambaran kampung yang hampir mirip dengan Kampung Asmat.

Pembangunan masyarakat saat ini yang paling tepat adalah pembangunan yang di mulai dari kampung dan saya sangat apresiasi pemuda-pemuda di Kampung Yoboi yang telah berkreatif menciptakan kampung ini menjadi kampung wisata sehingga menciptakan kampung yang bermartabat dan sangat di hargai oleh masyarakat di Perkotaan.

Saat ini kita harus membangun segala sesuatunya mulai dari kampung yang mana hal tersebut dapat di mulai dengan menciptakan keindahan kampung menjadi kampung wisata dan hal tersebut tidak lepas dari peran serta seluruh element masyarakat terutama para pemudanya yang sangat energik dengan terobosan ide cemerlangnya.

Saya berpesan untuk para pemuda, buatlah ide-ide kreatif di kampung yang mana ide-ide itu harus bersinergi dengan Kepala Kampung, Kadistrik, dan Pemda setempat sehingga ide-ide tersebut dapat terealisasi di lapangan dengan baik.

Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para pemuda yang telah berkreatif dan berhasil mengubah Kampung Yoboi menjadi Kampung Wisata dan telah viral sehingga seluruh masyarakat luas telah mengetahui dan telah berkunjung.

Orang-orang berhasil adalah yang telah melewati berbagai kesulitan dan mereka berhasil melewati kesulitan tersebut sehingga mereka menjadi orang yang berhasil dalam bidangnya, dan gunakanlah semangat seperti itu untuk membangun Kampung Yoboi ini dan saya yakin kalian bisa lebih dari saat ini yang kalian raih.

Tidak lupa juga terkait pencegahan Virus Covid 19, kita harus tetap melakukan protokoler kesehatan yakni dengan menggunakan masker apabila beraktifitas di luar, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, dan mengkonsumsi suplemen vitamin serta penerapan hidup sehat yakni makan sehat, olah raga dan istirahat cukup.

Selanjutnya Kapolda Papua mencanangkan atau meresmikan rumah pintar dan penanaman bibit sagu, dengan melakukan penabuhan tifa. Dan menyerahkan secara simbolis paket bantuan sembako bagi para janda masyarakat Kampung Yoboi kepada Kepala Kampung Yoboi bapak Sefanya Wally dan pembagian masker kepada masyarakat serta pemberian bingkisan kepada anak-anak peserta Didik Taman Pintar.

Kemudian Kapolda Papua, staf ahli presiden, Perwakilan Pangdam , Perwakilan MRP , Kapolres Jayapura dan perwakilan GKI serta para tamu undangan melakukan Penanaman Bibit Sagu dan dilanjutkan dengan kerja bakti pembersihan sampah di Kampung Yoboi.


Jayapura, 18 Juli 2020

Komentar

News Feed