Kapolda Papua Pimpin Penanaman Tanaman Pangan di Spot Pertanian Kampung Binmas Noken Polresta Jayapura Kota

Papua160 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Eva Fakhiri memimpin langsung kegiatan penenaman tanaman pangan di Spot Pertanian Kampung Binmas Noken Polresta Jayapura Kota dan Panen Raya di pekarangan pangan lestari Bhayangkari Cabang Jayapura Kota bertempat di Distrik Muaratami. Kamis (15/4) sore.

Turut hadir dalam kegaitan tersebut yakni Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.IK., M.Si, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, S.IK, Pejabat Utama Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK.,M.Pd, Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Dandim 1701 Jayapura Kolonel Inf. Edwin A. Chandra, SE, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Dini Eko Rudi Sudarto, Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas, PJU Polresta Jayapura Kota, Ka Distrik Muaratami Supriyanto, S.Stp., M.Ap, Mewakili Ondoafi Skouw Zius Pattipeme dan masyarakat Koya timur dan skouw.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita berdiri di Spot Pertanian Kampung Binmas Noken Polresta Jayapura Kota yang dihibahkan oleh ondoafi besar adat skouw Abisai Rollo dengan luas 5.200 M².

“Di lahan ini kita akan menanam tanaman pangan dengan jumlah kurang lebih 2.500 bibit. Sesuai dengan prioritas Kapolri yakni presiktif, responsibilitas, transparasibfan berkeadilan (Presisi) serta kebijakan Kapolda Papua dalam upaya peningkatan pelayanan kepolisian untuk hadir ditengah-tengah masyarakat, “ujarnya.

Ia pun menuturkan, hal ini dapat berlangsung karena adanya kolaborasi yang sudah berjalan selama ini karena adanya kebersamaan antara bhabinkamtibmas dan babinsa serta pemerintah daerah setempat dari muspida dan kadistrik, kapolsek, danramil bersama masyarakat kelompok tani untuk membuka lahan untuk pertanian yang nantinya akan menjadi salah satu spot untuk mendukung kampung binmas Noken Polresta Jayapura Kota.

Ditempat yang sama, Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan Spot Pertanian Kampung binmas Noken Polresta Jayapura Kota hari ini kita akan melaksanakan kegaitan penanaman tanaman pangan dalam rangka untuk membantu pemerintah guna menjaga ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional serta perekonomian rakyat kecil dimasa pandemi covid-19.

“Dengan keadaan dan situasi saat ini, maka melalui instruksi presiden RI dalam pemulihan stabilitas ekonomi di tengah-tengah masyarakat maka kita diarahkan untuk kembali berkebun dan bertani dengan harapan dapat membantu kebutuhan dapur warga masyarakat, ” terang Walikota.

Dalam kesempatan itu juga Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri, S.IK mengatakan untuk mengimplementasikan program kapolri yang presisi dan juga instruksi presiden, maka melalui penanaman tanaman pangan ini secara tidak langsung diarahkan kembali untuk berkebun dan bertani atau bercocok tanam dalam mengembalikan stabilitas perekonomian rakyat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saya mengharapkan apa yang kita lihat dan kerjakan saat ini dapat menjadi contoh bagi polres jajaran polda papua untuk kembali bercocok tanam dalam mengembalikan stabilitas ekonomi dan perhatian terhadap ketahanan pangan dan sumber penghasilan tambahan bagi anggota polri, “ujarnya.

Kapolda pun menuturkan bahwa kampung binmas Noken ini merupakan impian saya dan kita semua untuk menjawab tantangan dalam ketahanan pangan untuk mensupport, maka rencana saya kedepannya tanah lokasi polda papua yang berada di kabupaten keerom dapat dijadikan sebagai Spot Pertanian kampung binmas noken.

Adapun tanaman pangan yang ditanam berupa Bibit Singkong, Terong, Jagung, kacang tanah, cabe, tomat serta pohon jangka panjang seperti bibit pinang, matoa, kopi, fanilly dan kelapa hibrida. Jon

Komentar