oleh

KAPOLDA PAPUA PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN BINLAT PRA BINTARA NOKEN POLRI DALAM PENERIMAAN ANGGOTA POLRI TA. 2020

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. Jayapura- Pada hari Selasa tanggal 15 September 2020 pukul 09.00 WIT bertempat di Lapangan Hitam SPN Polda Papua telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

Hadir dalam kegiatan:
Pejabat Utama Polda Papua, Instruktur TOT Pra Bintara Noken, Peserta TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Dalam Penerimaan Anggota Polri T.A. 2020.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutanya mengatakan, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat, hidayah dan karunia-Nya, sehingga kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan serta kesempatan untuk melaksanakan acara pembukaan ”Binlat Pra Bintara Noken Polri Dalam Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran 2020” di era New Normal ini.

Pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri Dalam Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran 2020 merupakan rangkaian dari tahapan rekrutmen penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Polda Papua dan Papua Barat pada bulan Januari sampai dengan April 2020 yang dimulai dari tahapan seleksi pemeriksaan administrasi sampai dengan sidang kelulusan untuk mengikuti Binlat.

Dari hasil rangkaian tahapan seleksi Binlat Pra Bintara Noken Polri telah ditetapkan 276 peserta Binlat dengan rincian 147 orang dari Polda Papua dan 126 orang dari Polda Papua Barat yang dinyatakan lolos untuk mengikuti Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun Anggaran 2020.

Para peserta Binlat ini merupakan putra terbaik yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat karena telah berhasil lolos dalam mengikuti seleksi rekrutmen dengan baik dari jumlah pendaftar 2419 orang untuk Polda Papua, dan 730 orang untuk Polda Papua Barat.

Pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri tahun 2020 ini dilaksanakan dalam era New-Normal pandemi Covid-19. sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan selama binlat berlangsung, harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Target dalam pelaksanaan Binlat di era New-Normal adalah tidak ada peserta dan atau instruktur serta tim pendukung yang terinfeksi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten oleh seluruh instruktur, peserta dan tim pendukung Binlat Pra Bintara Noken Polri. Diharapkan dengan kedisiplinan dan konsistensi dalam menerapkan protokol kesehatan, target dalam pelaksanaan Binlat dapat tercapai serta dapat menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Tujuan dari pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri tahun 2020 ini adalah untuk membentuk karakter individu yang berkarakter kebangsaan pada calon bintara putra asli daerah Papua dan Papua Barat yang dijiwai nilai-nilai luhur Pancasila dan mampu mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di wilayah Papua dan Papua Barat dalam pelaksanaan tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan lainnya menyiapkan peserta binlat Pra Bintara Noken Polri untuk mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 yang berkualifikasi dan unggul untuk mewujudkan polri yang profesional, modern, terpercaya serta menjadi agen pemersatu bangsa dalam wadah NKRI.

Untuk mencapai tujuan Binlat Pra Bintara Noken Polri tepat sasaran, maka para instruktur agar mempedomani modul dan kurikulum binlat serta menerapkan metode pelatihan yang telah ditetapkan. Selain itu Tim manajemen harus mengelola sumber daya manusia dengan baik, termasuk sarana dan prasarana yang telah disediakan dari SPN Polda Papua sesuai dengan anggaran yang ada.

Oleh karena itu saya sampaikan kepada seluruh tim yang terlibat khususnya para instruktur, agar dapat melaksanakan tugas dalam menyampaikan materi secara serius dan sungguh-sungguh, karena apa yang akan disampaikan para instruktur ini akan menjadi bekal bagi para peserta binlat nantinya. instruktur mempunyai tanggung jawab moral kepada para peserta Binlat sebagai anak didiknya, sehingga para instruktur harus mampu menjadi teladan bagi para peserta dalam segala tingkah lakunya.

Kepada peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri tahun anggaran 2020, saya tekankan agar selama pelaksanaan binlat agar belajar dengan tekun, memperhatikan materi yang diberikan oleh para instruktur, dan jangan takut untuk bertanya apabila ada hal-hal yang kalian kurang mengerti.

Tumbuhkan kesadaran dalam diri kalian untuk belajar mandiri dan disiplin waktu, jadikan binlat ini sebagai sarana pelatihan yang harus kalian manfaatkan semaksimal mungkin untuk membentuk karakter Pancasila dan karakter Bhayangkara.

Saya sampaikan juga bahwa hasil dari pelaksanaan binlat akan dilaksanakan supervisi dan evaluasi dari panitia pusat sebagai langkah manajemen serta penilaian untuk memastikan bahwa target pada pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri tercapai.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ucapkan selamat datang dan selamat berlatih kepada para peserta Binlat. semoga ilmu yang kalian peroleh selama pelaksanaan Binlat bermanfaat untuk ke depannya kepada para instruktur dan tim pendukung Binlat Pra Bintara Noken Polri, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta tetap disipilin dan saling mengingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan selama Binlat. Semoga hal ini menjadi ladang ibadah untuk kita semua.

Demikian sambutan saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita sekalian dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Jayapura, 15 September 2020

Dikeluarkan oleh :Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua

Komentar

News Feed