Kapolda Sulut Kunjungan Kerja di Polres Tomohon, ini Agenda Kegiatannya

SUL-UT351 Dilihat

Investigasibhayangkara.com,

Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan kunjungan kerja di Polres Tomohon, pada Senin (13/3/2023).

Seperti pada kunjungan kerja di Polres-polres jajaran lainnya, Kapolda turut didampingi oleh Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari.

Tiba di Mapolres, Kapolda Sulut menerima laporan situasi kamtibmas sekaligus penyambutan oleh Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Tomohon Ny. Dina Arian, kemudian menerima jajar kehormatan.

Menyusul pengalungan kain dan buket bunga dari Polisi Cilik, kemudian penyambutan dari Forkopimda Kota Tomohon beserta para tokoh agama dan pejabat Polres Tomohon beserta Bhayangkari. Tarian Maengket dan alunan musik bambu turut mengiringi rangkaian penyambutan tersebut.

Selanjutnya, Kapolda Sulut dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut melakukan sejumlah agenda kegiatan. Diawali dengan penyerahan bantuan sosial kepada perwakilan tokoh agama, personel Polri yang sakit, purnawirawan Polri, korban bencana alam serta warga kurang mampu.

Dilanjutkan peresmian gedung pos penjagaan Polres Tomohon. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sulut dan pengguntingan pita oleh Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut.

Sementara itu Kapolda Sulut dalam sesi doorstop mengatakan, penyambutan yang dilakukan oleh Polres Tomohon dan Forkopimda ini menurutnya sangat luar biasa.

“Penerimaan yang luar biasa dari Kapolres dan Forkopimda. Ini menunjukkan sebuah kolaborasi yang sangat baik, yang sudah sesuai dengan instruksi dan arahan dari Bapak Presiden RI,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto di depan sejumlah awak media.

Lanjut Irjen Pol Setyo Budiyanto, tujuan kedatangannya ke Polres Tomohon adalah untuk melihat langsung kesiapsiagaan mulai dari situasi dan kondisi kantor, sarana prasarana serta kesiapan personel dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Kemudian jangka panjangnya adalah tentunya dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024. Mudah-mudahan apa yang nanti akan dilaksanakan oleh seluruh anggota Polres Tomohon ini, seperti terlihat dalam penyambutan yang begitu semangat. Harapan kami dalam pelaksanaan tugas juga tetap menunjukkan semangat untuk melayani kemudian bertindak untuk melindungi,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dalam hal penegakan hukum di Polres Tomohon dan jajaran, Irjen Pol Setyo Budiyanto pun berharap ke depan tetap mengutamakan profesionalisme.

“Prinsipnya, salah satu tugas pokok Polri itu adalah penegakan hukum. Penegakan hukum itu pastinya di satu sisi mengekang hak asasi manusia, harus dipanggil, diperiksa, kemudian ada juga upaya-upaya paksa. Harapan kami, dengan adanya tindakan-tindakan seperti itu, masyarakat juga memiliki kesadaran hukum yang cukup tinggi. Tidak melakukan tindakan pelanggaran atau penyalahgunaan hukum yang kemudian berdampak kepada harus dilakukannya penegakan hukum,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Jika hal itupun sudah terjadi, sambung Irjen Pol Setyo Budiyanto, maka sesuai salah satu direktif Kapolda Sulut yakni, tindakan kepolisian yang paling efektif adalah pencegahan.

“Tapi kalau pencegahan sudah tidak bisa, maka harus dilakukan penegakan hukum. Penegakan hukum modalnya adalah profesionalisme. Jadi apa yang dilakukan oleh penegak hukum yang ada di Polres Tomohon sampai di jajaran Polsek itu, betul-betul mengedepankan asas praduga tak bersalah dan persamaan hak di depan hukum,” terang Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurutnya, hal-hal tersebut harus dipegang oleh seluruh penegak hukum, termasuk tidak adanya diskriminasi dan tebang pilih.

“Sehingga para pihak yang berperkara atau bermasalah, dapat merasakan bahwa yang dikerjakan oleh Polres Tomohon itu tindakan yang profesional dan proporsional,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Usai istirahat, Kapolda Sulut dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut dijadwalkan masih melanjutkan beberapa agenda kegiatan lainnya.

Yakni, peninjauan gedung Satpas sekaligus meninjau ruang Dikmas Polisi Anak dan pemberian bingkisan untuk anak-anak, kemudian pemberian helm gratis serta penyematan pin pelopor keselamatan berlalulintas.

Di penghujung kunjungan, Kapolda Sulut dijadwalkan bertatap muka bersama personel di lapangan Mapolres, sedangkan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut bertatap muka dengan pengurus Bhayangkari Cabang Tomohon di Aula Parama Satwika.

Pewarta : Maulana
Sumber. : Bid Humas Polda Sulut