Kapolda Sumsel Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan TPS, Simulasi dan Pemberian Materi Pemilu Serentak Ta.2020

Sumatera Selatan285 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. Sumsel-Palembang Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr. Eko Indra Heri S., MM Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan TPS, Simulasi dan Pemberian Materi Tentang Pengamanan TPS Pemilu Serentak 2020 di Lapangan Sepak Bola Komplek Pakri Palembang, Kamis (26/11/2020).

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan bahwa Polri mendapatkan tugas dan amanah yang luar biasa dari negara dan masyarakat. Karena tidak terasa beberapa hari lagi tidak hanya Sumsel akan tetapi seluruh Indonesia akan melaksanakan kegiatan dalam rangka memilih wakil – wakil atau pimpinan – pimpinan yang akan duduk dalam posisi Bupati atau Walikota.

Tentu saja ini menjadi tugas yang mulia dan ini menjadi amanah yang diberikan masyarakat kepada kita aparat kepolisian untuk melaksanakan tugas pengamanan dan tetap menjaga agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan tertib. Apalagi mengingat saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19 tentu saja ini akan menjadi perhatian untuk kita semua.

Selain mengecek kesehatan, kesiapan dan sikap tampang para personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS. Pada hari ini juga para personel yang akan melaksanakan tugas akan mendapatkan tambahan – tambahan berupa pembekalan tentang materi dan simulasi bagaimana tata cara pengamanan TPS Pemilu Serentak 2020 ini, imbuhnya.

Saya mengingatkan untuk seluruh personel untuk selalu ikuti aturan dengan baik. Apalagi disaat akan melaksanakan tugas pengamanan TPS di 7 Kabupaten yang akan melaksanakan Pemilukada Serentak 2020. Atensi dari pimpinan yang pertama untuk para personil harus bisa menjaga situasi dan kondisi di TPS yang akan di jaga serta kuasai tempat pelaksanaan tugas dengan berkomunikasi, bekerja sama dan bertanggung jawab dengan baik. Jangan sampai keberadaan para personil disana justru akan menyusahkan masyarakat karena kita lah yang harus melayani dan memberikan rasa aman ditengah masyarakat.

Yang kedua jaga kesehatan dan keamanan diri masing – masing, seperti kita ketahui bahwa saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 untuk itu patuhi protokol kesehatan, jangan menganggap persoalan ini remeh karena masalah kesehatan ini sangatlah penting.

Yang ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah kita Polri harus netral, tidak ada kata lain. Siapa pun yang akan menjadi pemimpin didaerah tersebut itulah yang terbaik dan menjadi pilihan masyarakat untuk mengemban amanah dalam memimpin, memajukan dan mengembangkan serta mensejahterahkan daerahnya tersebut, tandasnya.

Yang keempat adalah kita harus menyadari bahwa tugas ini sepertinya berat tetapi sebenarnya tidak. Para personel jangan menganggap ini sebagai tugas, anggap saja ini tamasya atau resfreshing melihat daerah – daerah. Sembari bersilahturahmi menambah pertemanan sehingga dapat berkomunikasi dengan masyarakat sekitar daerah tersebut dengan baik, apel giat ini diikuti 613 personil, sedangkan personil yang diterjunkan ketujuh kabupaten ditambah seluruh anggota Satwil jajaran Sumsel berjumlah 1.213 personil, terangnya Kapolda.

Setelah apel ini akan diadakan simulasi dan pembekalan materi yang berkaitan dengan Pemilu Serentak 2020. Ikuti dengan baik karena banyak hal yang tidak kita ketahui sehingga ini bisa menjadi wadah untuk kita saling berdiskusi dan berkomunikasi sehingga nantinya dalam pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan baik, lancar dan selamat, harapnya.(Amru IBI).