oleh

Kapolda Sumsel Tinjau Kampung Tangkal Covid-19 Desa Sedyo Mulyo OKI

 

Investigasibhayangkara.com Sumsel-OKI

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S., M.M. didampingi Bupati OKI Bpk. Iskandar, S.E. melakukan peninjauan Kampung Tangkal Covid-19 Desa Sedyo Mulyo Kec. Mesuji Raya Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel, Minggu (14/6/2020).

Saat memasuki gapura utama Kampung Tangkal Covid-19 Desa Sedyo Kec. Mesuji Raya OKI tersebut, Kapolda Sumsel bersama FKPD OKI langsung disambut tim gugus tugas penanganan Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada di Kampung Tangkal Desa Sedyo Mulyo OKI, diantaranya pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun, penyemprotan disinfektan dan juga mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, ini merupakan prosedur yang harus dilaksanakan kepada setiap pengunjung maupun masyarakat yang memasuki Kampung Tangkal Covid-19 Sedyo Mulyo dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sumsel khususnya Kabupaten OKI.

Kedatangan Kapolda Sumsel disambut baik oleh warga Desa Sedyo Mulyo OKI, Kapolda juga berkesempatan meninjau kegiatan yang dilakukan relawan karhutla yang selalu siaga dan waspada terhadap bahaya kebakaran. Disela-sela perjalanan, Kapolda Sumsel juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak Covid-19, bhakti sosial ke Pondok Pesantren putra putri Raudlatul Qur’an Sedyo Mulyo Mesuji Raya OKI, peninjauan kegiatan bimbingan belajar yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas, penanaman bibit sayuran dalam rangka ketahanan pangan, peninjauan kegiatan masyarakat di Pusat Layanan Terpadu Desa Sedyo Mulyo dan donor darah dalam rangka bhakti sosial memperingati Hari Bhayangkara Ke-74 diwilayah Polda Sumsel.

Kapolda mengatakan kegiatan ini dalam rangka membangun ketahanan masyarakat desa, terutama dalam konteks menangani Covid 19. Selain itu kita menambahkan satu kegiatan dalam rangka menangani serta mencegah terjadinya karhutla, dimana kita ketahui OKI termasuk daerah dari sepuluh daerah yang tahun lalu banyak terjadi karhutlanya tahun lalu.

Oleh karena itu, ini merupakan strategi kita dari sekarang, dengan terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya karhutla. Kegiatan ini juga menjadi salah satu strategi kita dalam mencegah karhutla dan juga preemtif membagun ketahanan pangan masyarakat itu sendiri, dibantu oleh stake holder yang berkolaborasi dengan TNI Polri dan Pemda untuk saling menjaga menanggulangi terjadinya karhutla dan walaupun ada karhutlah kita berharap-harap lebih sedikit dari tahun lalu, ujarnya.”

Selain itu kita juga membentuk masyarakat cinta lingkungan yang sudah ada, juga kita akan lebih kuatkan mengeluarkan maklumat Kapolda tentang karhutla. Walaupun nantinya terpaksa ada tindakan represif, itu upaya terakhir Apabila masih ada orang yang tidak menaati peraturan tersebut.

Dalam kesempatanya Kapolda juga menghimbau kepada masyarakat apabila hendak membuka lahan di musim panas agar tidak dilakukan sembarang, lakukan kordinasi dengan kepala desa dan unsur pemerintah setempat.

“Hutan ini bukan hanya untuk generasi kita, tetapi juga untuk kehidupan anak cucu kita,” himbaunya.

Ditambahkannya peran warga masyarakat sangat penting dan sudah sangat banyak berperan dalam mencegah karhutla hanya saja kita harus tetap bersama sama dengan stake holder untuk membina, mengedukasi masyarakat dalam menanggulangi terjadinya karhutlah, tutupnya.”

Saat dilokasi peninjauan, tampak hadir Wakil Bupati OKI Bpk. Jakfar Shodiq, Karo SDM Kombes Pol. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si., Dirlantas Kombes Pol. Drs. Juni, S.H., M.H., Dirbinmas Kombes Pol. Heru Trisasono, S.I.K., M.Si., Kabiddokkes Kombes Pol. dr. Syamsul Bahar, M.Kes., Kabidkeu Kombes Pol. Heni Kresnowati SP., M.Si., Kabidhumas Kombes Pol. Drs. Supriadi, M.M., Kapolres OKI AKBP Alamsyah Peluppesy, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala BNNK OKI AKBP Agung Sugiono, S.H., Dandim 0402/OKI-OI Letkol Czi Zamroni, S.Sos. dan pamong desa setempat.(Amru IBI/Sayid IBI).

Komentar

News Feed