KAPOLRES BERAU CEK KESIAPAN HOTEL CANTIKA SWARA COVID-19 YANG KEMBALI DIBUKA

KAL-TIM121 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia com BERAU – Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono mengecek lokasi kesiapan Hotel Cantika Swara yang kini kembali beralih fungsi menjadi Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Minggu (11/7/2021).

Pengecekan tersebut dilakukan bersama Bupati Berau Sri Juniarsih, Wakil Bupati Gamalis, Dandim 0902/Bru Letkol Inf Fardin Wardhana, Kepala Dinas Kesehatan Iswahyudi dan Direktur Rumah Sakit dr Abdul Rivai dr Nurmin Baso.

Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono mengatakan RSD Covid-19 yang sempat tutup selama satu bulan itu dibuka kembali lantaran kasus Covid-19 yang terus meningkat di Kabupaten Berau. Dengan dibukanya RSD, kata dia, maka pasien yang terkonfirmasi bisa dirawat disana sehingga tidak memenuhi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai.

“Ketika Rumah Sakit Abdul Rivai penuh, maka pasien akan dialihkan kesini (RSD Covid-19),” ungkapnya.

Tidak sampai disitu, Forkopimda Berau juga mengecek kesiapan oksigen. “Oksigen disini harus di standby-kan. jadi sudah siap memberikan ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan tetapi sudah tersedia,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Berau Sri Juniarsih menyebut, diantara alasan dipilihnya kembali bekas hotel tersebut untuk merawat pasien covid-19 adalah, selain kapasitas ruangan yang cukup besar dan lokasinya juga strategis lantaran dekat RSUD Abdul Rivai. Kapasitas kamar di RSD Covid-19 ada 53 kamar yang mampu menampung hingga 100 pasien.

“Untuk nakes yang disiapkan setiap harinya sekitar 8 orang. Dan hari ini (Minggu, 11 Juli 2021) ada 14 pasien yang masuk. Kondisinya stabil dan sudah mendapat perawatan di RSUD sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, karena jangka waktu persiapan yang sedikit, Kepala Dinkes Berau Iswahyudi mengaku kalau kebutuhan pokok seperti air persiapannya sedang berjalan sembari mempersiapkan hal pelayanan lainnya.
“Fasilitas perawatan itu yang kita perhatikan hari ini, sehingga pasien di RSUD bisa segera digeser kesini (RSD Eks Cantika Swara),” ujarnya.(HMS)