Kapolres Ciamis Bersama Dandim 0613/Ciamis Melaksanakan Kegiatan Penanaman Pohon, Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

JAWA BARAT45 Dilihat

Investigasi Bhayangkara.com, Ciamis – Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., melaksanakan kegiatan penananam pohon dalam rangka peribgatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapang Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (28/11/2022).

Penanaman pohon ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis mengikuti secara virtual acara penanaman pohon yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kedatangan Kapolres Ciamis bersama Dandim 0613/Ciamis untuk mendampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra yang hadir memimpin penanaman pohon di wilayah Kabupaten Ciamis. Selain itu juga bagian dari pada kepedulian Polri terhadap lingkungan alam sekitar tempat bertugas.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., mengatakan, penanaman pohon ini sangatlah penting untuk menjaga kelestarian alam. Karena keberadaan alam yang asri dan terjaga atau terawat tentunya akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar, begitupun sebaliknya.

“Ayo kita jaga alam kita ini. Ketika kita jaga, maka alam akan menjaga kita, ketika alam kita rusak maka alam akan menjadi ancaman bencana bagi masyarakat disekitarnya,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Kapolres Ciamis berharap gerakan menanam dan memelihara pohon ini dapat terus terpelihara dengan baik sehingga alam disekitar kita tetap asri dan memberikan manfaat untuk masyarakat disekitarnya. “Semoga kegiatan seperti ini terus berkelanjutan guna menjaga kelestarian alam di wilayah hukum Polres Ciamis tetap asri dan indah,” tutur AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Dalam zoom meeting, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan bahaa pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Dimana Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin dan menyerap karbon serta menyaring polusi udara.

“Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia. Ada banyak manfaat jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa didapatkan dengan menanam pohon. Tunggu apalagi maka dari itu mari kita sama – sama tanam dan pelihara pohon,” kata H. Uu Ruzhanul Ulum dalam zoom meeting bersama seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Gerakan tanam dan pelihara pohon di lahan kritis Kabupaten Ciamis sebanyak 1.311 pohon. Sebanyak 30 pohon secara simbolis ditanam oleh para pejabat di wilayah Kabupaten Ciamis.

(Jalak)

Sumber : HUMAS POLRES CIAMIS