Kapolres Sanggau Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabag Ops, Kabag Log beserta Kasat Reskrim dan Kasat Samapta Polres Sanggau

KAL-BAR498 Dilihat

Sanggau, Polda Kalbar – Bertempat di Halaman Mapolres Sanggau dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Kabag Ops, Kabag Log beserta Kasat Reskrim dan Kasat Samapta Polres Sanggau.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, S.H.,S.I.K., dihadiri oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP., para PJU Polres Sanggau dan Para Kapolsek jajaran Polres Sanggau.

Adapun pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan diantaranya Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, S.H., M.H. kepada AKP Agustana Eka Kusuma, S.I.K., M.A.P.

Kapolres Sanggau menyerahkan tugas Jabatan Kabag Log Polres Sanggau kepada AKP Sulastri, S.H., M.M, Kasat Reskrim Polres Sanggau AKP Sulastri, S.H., M.M kepada AKP Indrawan Wira Saputra, S.T.K., S.I.K, dan Kasat Samapta Polres Sanggau Iptu Sutikono, S.Sos, M.A.P kepada Iptu Supariyanto, S.H.

Pada Upacara serah terima jabatan serta pengukuhan dalam jabatan tersebut dilaksanakan pengambilan Sumpah Jabatan oleh Kapolres Sanggau kepada pejabat yang baru didampingi rohaniawan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sertijab, Fakta Integritas, dan Berita Acara sumpah jabatan yang disaksikan oleh seluruh peserta Upacara.

Dalam amanatnya, Kapolres Sanggau mengatakan sertijab ini dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya di Kepolisian Resor Sanggau.

“Perlu adanya langkah konkrit yang harus kita ikuti dan laksanakan sebagai wujud pertanggungjawaban tugas dari pimpinan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat yang salah satunya adalah dilaksankannya serah terima jabatan pada satuan wilayah,” katanya.

Seperti kita ketahui bersama lanjut AKBP Suparno, bahwa mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam organisasi Polri atau bukan hal yang istimewa.

“Pembinaan karier, kaderisasi, reward dan punishment bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kualitas kinerja serta pelayanan yang dibutuhkan oleh organisasi Polri sesuai harapan masyarakat, hal ini juga dapat dilihat dari tingkat kepercayaan masyarakat yang terus meningkat meskipun masih diwarnai oleh perilaku oknum yang menjadi perhatian secara khusus,” ujarnya.

“Sebagai insan Polri, kita wajib mendukung kebijakan pimpinan polri, bertindak tegas dan tetap dengan tujuan menyukseskan keberhasilan tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat serta penegakan hukum yang berkeadilan,” sambung Kapolres Sanggau.

Pada kesempatan tersebut Kapolres menekankan kepada semua anggota Polres Sanggau untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dengan dinamika tantangan tugas yang dihadapi di masa yang akan datang.

“Seperti kita ketahui bahwa saat ini rangkaian tahapan pemilu 2024 sudah berjalan dan hal ini harus dipersiapkan secara maksimal serta menjadi tantangan tersendiri agar agenda nasional tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” harapnya.

Kepada pejabat yang baru saya ucapkan selamat atas tugas yang diamanahkan oleh pimpinan, segera beradaptasi dengan lingkungan kerja, menjaga marwah intitusi Polri yang kita cintai ini, lakukan upaya-upaya pre-emtif, preventif serta represif secara terukur termasuk pendekatan sosial kemasyarakan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta pembenahan-pembenahan bidang administrasi maupun sarana prasarana pendukung lainnya, lanjutkan dan tingkatkan kinerja yang telah dilakukan oleh pejabat lama.

“Kepada pejabat lama, saya mengucapkan terima kasih atas kinerja, loyalitas dan dedikasinya selama ini sehingga dapat membawa perjalanan tugas Polri khususnya Polres Sanggau ke arah yang lebih baik dan terima kasih pula kepada Bhayangkarinya yang telah mendampingi tugas dan kegiatan dalam organisasi Bhayangkari cabang Sanggau, semoga sukses melaksanakan tugas di tempat yang baru,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Acara Pisah Sambut dan Kenal Pamit antara Pejabat Lama dan Pejabat Baru.

Pelaksanaan kegiatan Upacara serah terima jabatan Kapolsek Batang Tarang dan Kapolsek Mukok Polres Sanggau sesuai dengan Surat Keputusan Kapolda Kalbar Nomor: KEP/231/VI/2023 tanggal 26 Juni 2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan/Mutasi dalam jajaran Polda Kalbar.

Pergantian jabatan di lingkungan Polres Sanggau sebagai bentuk penyegaran dan pengembangan karier Anggota sehingga kedepannya diharapkan dapat membawa perubahan khususnya dalam pelaksanaan tugas Polri yang lebih baik, maju, dan Presisi.