oleh

Kapolres Sigi Terima Kunjungan Tim Komnas HAM

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. Sigi-Tim Komnas HAM melakukan kunjungan ke rutan polres sigi yang di terima langsung oleh Kapolres sigi AKBP Yoga Priyahutama S.H, S.IK, M.H bertempat di ruang kerja Kapolres dalam rangka melihat secara langsung sejauh mana pelayanan yang diberikan polres sigi polri terhadap para tahanan serta kelayakan ruang sel dan kapasitas tahanan yang ada
Selain itu rombongan juga melakukan pengecekan jika terdapat aduan masyarakat terkait pelauanan dan kelayakan ruang tahanan polres sigi. selasa (15/6/21)

Tim Komnas HAM terdiri dari Komnas Ham RI Banu Abdullah bersama staf, Ismi, dan Fajar (komnas Ham perwakilan Sulteng) bersama staf, Indra, Putu Elvina (komisioner KPAI) bersama staf Ilham, serta pendamping dari itwasda Polda sulteng dan Dit Tahti Polda sulteng.

Rombongan ini di terima langsung Kapolres Sigi bersama wakapolres sigi Kompol Noperto Gilbert Nainggolan S.IK, Kabag ops polres sigi AKP Ahmad Bagus Harun S.H, Kasat reskrim Iptu Rangga Himawan Sanjaya S.TK,M.A, dan Kasat tahti Polres Sigi Iptu Khaidir.

Dalam arahannya, Tim Komnas HAM, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini selain untuk melakukan monitoring juga melskukan pengecekan atas sikap dan pelayanan polres sigi kepada para tahanannya serta melakukan verifikasi jika ada pengaduan masyarakat terkait tahanan yang ada dipolres.
Diharapkan dengan koordinasi seperti ini tidak ada lagi tahanan yang menjadi korban kekerasan baik yang dilakukan oleh sesama tahanan ataupun yang dilakukan oleh aparat.

Sementara itu Kapolres Sigi menyampaikan bahwa pihaknya telah memaksimalkan penjagaan dan pelayanan terhadap tahanan ataupun keluarga yang datang membesuk.
Ada SOP yang menjadi acuan yang harus dipatuhi oleh petugas, tahanan ataupun pembesuk.
Untuk sistim kontrol ada petugas khusus yaitu satuan tahti yang dakam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh seluruh fungsi dan diawasi oleh perwira pengawas, selain itu, pemantauan langsung juga dilakukan melalui cctv.
Pihaknya juga selalu memperhatikan kesehatan dan kelayakan tahanan dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan setiap harinya oleh Urkes Polres Sigi serta hak-hak para tahanan juga telah didistribusikan dengan baik sesuai dipa yang ada.

Lanjut kapolres menyampailan ucapan”terima kasih atas kunjungan tim kali ini, kepolres sigi, semoga kunjungan ini dapat lebih memacu personil khususnya yang terkait dengan tahanan, dapat lebih memaksimalkan pelayanannya, sehingga semua hal yang tidak diinginkan tidak terjadi dipolres sigi ini,” ujar perwira nomor satu dipolres sigi ini.

(Faisal/Hms)

News Feed