oleh

Kapolresta Serahkan Bantuan Tunai 1,2 Juta Rupiah Kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Aula Mapolresta Jayapura Kota berlangsung kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) kepada warga Kota Jayapura yang telah terdaftar, Sabtu (25/9) Pagi.

Pemberian bantuan tunai tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd kepada perwakilan para pedagang yang telah diundang.

Usai menyerahkan bantuan tunai, Kapolresta mengatakan untuk hari ini dirinya secara simbolis menyerahkan bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung yang bertujuan untuk meringankan pelaku usaha mikro yang terdampak langsung dari bencana non alam yakni wabah Covid-19, terutama di wilayah yang pernah diberlakukan PPKM Level IV.

“Sumber dana ini dari APBN tahun 2021 yang dipercayakan kepada Polri untuk dapat membantu menyalurkan kepada masyarakat dalam hal ini para pedagang kaki lima dan warung,” jelas Kapolresta.

Lanjutnya, Untuk di Papua tiga Polres yang menyalurkan yakni, Polresta Jayapura Kota, Polres Mimika dan Polres Merauke. “Untuk Polresta Jayapura Kota sendiri targetnya 4500 orang PKL maupun warung namun hingga hari ini sudah diverifikasi sebanyak 736 calon penerima, dan akan disalurkan secara bertahap,” ungkapnya.

kapolresta menuturkan, untuk teknis pelaksanaannya akan diserahkan di polresta jayapura kota dengan dilakukan oleh seksi keuangan kepada masyarakat yang diundang dan datanya telah diverifikasi untuk menerima bantuan tunai tersebut.

“Pendataan sementara terus berjalan kepada para pedagang dan kaki lima oleh para Bhabinkamtibmas jajaran polresta jayapura kota kepada warga yang berdomisili di Kota Jayapura dengan mendatakan Nomor Induk Kependudukan mwnggunakan aplikasi puskeu presisi, setelah dinyatakan lolos verifikasi dan belum pernah menerima bantuan serupa dari pemerintah maka akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp.1.200.000,-,” imbuh Kapolresta.

Dirinya pun menegaskan, bila ada masyarakat yang bertanya terkait dana bantuan tunai tersebut memang benar adanya, dimana untuk hari ini akan diserahkan kepada 50 penerima yang telah terverifikasi. “Bantuan diberikan secara bertahap mengingat ini masih masa pandemi agar tidak terjadi kerumunan, disamping itu karena ada proses tahapan penginputan data yang dilakukan oleh petugas,” pungkasnya.

Dirinya berharap dengan adanya penyaluran bantuan pemerintah ini dapat meringankan beban para pedagang kaki lima maupun warung dimasa pandemi Covid-19 saat ini.(*)

News Feed