oleh

Kapolresta : Terima Kasih Masyarakat Kota Jayapura dan Massa Aksi Keramaian Hari Ini, Kota Jayapura Tetap Kondusif


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota,- Aksi keramaian hari ini oleh Kelompok Koalisi Rakyat Papua hingga sore yang berpusat di Taman Imbi Kota Jayapura berjalan aman, lancar dan tertib. Aspirasi yang disampaikan telah diterima langsung oleh Perwakilan dari DPR Provinsi Papua.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si saat ditemui media ketika memimpin jalannya pengamanan aksi keramaian tersebut, Selasa (20/9) sore.

Kapolresta KBP Victor Mackbon mengatakan, pada prinsipnya massa dari kelompok aksi luar biasa, dapat memahami bahwa aspirasi yang disampaikan akan diteruskan melalui mekanisme yang ada oleh Perangkat DPRD Prov. Papua.

“Massa aksi juga paham terkait hak dan kewajibannya sebagai pendemo, semuanya dapat berjalan lancar sehingga kami aparat keamanan sangat terbantu dengan peran para Korlap hingga semua bisa berjalan aman dan kondusif. Sepulangnya massa aksi pun akan kami lakukan pengawalan hingga titik terakhir guna menjamin keamanan dan kenyamanan kelompok masyarakat tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut KBP Victor Mackbon menuturkan, karena terbatasnya jumlah massa yang dapat ditampung di Taman Imbi, pihaknya pun menghimbau kepada para Korlap untuk dapat membatasi jumlah massa. “Untuk itu kami lakukan penyekatan di Batas Kota Jayapura dengan Kabupaten Jayapura (Sentani) karena jumlah massa yang datang dari sana sangat banyak, begitu juga di Dok V Yapis, namun semuanya kooperatif dan dapat menerima himbauan dari kami, hingga mereka berkenan untuk balik kanan ke tempat asal masing-masing,” tandasnya.

Pihaknya pun selalu melakukan antisipasi terkait aksi-aksi keramaian yang akan dilakukan, dengan menjalin komunikasi kepada para Tokoh Masyarakat agar apa yang menjadi hak-hak dapat difasilitasi. “Dan komunikasi yang terbangun sangat bagus sekali, walaupun sempat kami batasi karena ditemukannya alat peraga massa aksi yang tidak sesuai kepentingan seperti, Minuman Keras, Senjata Tajam, Ketapel dan Panah dimana sesuai kesepakatan alat-alat tersebut tidak digunakan,” pungkasnya.

“Ada beberapa orang yang telah diamankan akibat membawa barang terlarang dan kini sedang dilakukan pemeriksaan, permintaan Korlap kiranya orang-orang tersebut hanya diingatkan saja kemudian dipulangkan, namun kami akan tetap melihat dari sisi sejauh apa tujuan dari membawa alat-alat terlarang tersebut,” ucap KBP Victor Mackbon.

Ia pun menambahkan, sampai dengan berakhirnya aksi unjuk rasa tersebut tidak terjadi gangguan Kamtibmas yang menonjol, pihaknya pun berterimakasih kepada para Korlap dan massa aksi yang telah bersama-sama menjaga wilayah Kota Jayapura tetap kondusif.

“Pada umumnya situasi Kota Jayapura hari ini tetap aman dan kondusif akibat dukungan seluruh pihak baik kelompok massa aksi maupun masyarakat di Kota Jayapura. Kami pun mengimbau kepada warga Kota Jayapura agar tetap beraktifitas normal seperti biasanya dan dapat memahami situasi yang sedang terjadi, sekali lagi terima kasih kepada masyarakat Kota Jayapura dan Massa Aksi, Kota Jayapura hari ini tetap aman dan tertib tanpa gangguan yang menonjol,” tutup Kapolresta KBP Victor Mackbon.(*) Jon