oleh

Kapolri dan Komnas HAM Bahas Buku Saku Pedoman tentang HAM Bagi Polisi

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jakarta – Pertemuan Kapolri dengan  Komnas di Kantornya di Jakarta Pusat ,Senin (17/202020 membahas buku saku bagi anggota Polri pedoman operasional terkait HAM.

Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis  ditemuidi di Komnas HAM saat bertemu dengan pimpinan Komnas HAM, Senin (17/2)2020 mengatakan  salah satu topik yang dibicarakan adalah soal penyusunan buku saku berisi pedoman operasional terkait HAM. “Kemudian ada juga rencana, tim bersama membikin satu modul dalam bentuk buku saku, yang nanti akan dibagikan kepada seluruh anggota-anggota yang berada pada dinas operasional, seperti Brimob, Sabhara, lalu lintas, dan lain-lain,” ujarnya.
Selanjutnya, Idham menjelaskan sementara itu Komisioner Komnas HAM Amiruddin menuturkan, pertemuan tersebut membicarakan penerapan prinsip HAM dalam kerja Polri. Namun, katanya, kedua pihak tidak membahas satu kasus secara spesifik. “Salah satu cara yang diusulkan Komnas HAM adalah dengan merevisi buku saku tentang HAM bagi anggota Polri,” jelasnya.
Untuk itu, Komisioner Komnas HAM Amiruddin  mengatakan, buku tersebut akan berisi pedoman bagi anggota Polri agar lebih menerapkan prinsip HAM saat berhadapan dengan masyarakat. “Pedoman tentang perilaku aparat dalam menghadapi masyarakat, apakah demontrasi, apakah dengan problem-problem yang muncul dengan masyarakat, sehingga polisinya semakin ramah dengan HAM dalam pendekatan operasional mereka dan penegakan hukum,” ujarnya.
Hal itu,  Kapolri  menandaskan pun menyambut baik usulan tersebut. Namun, Amir mengatakan, detil lebih lanjut terkait buku tersebut akan dibahas nantinya. (Vecky Ngelo)

Komentar

News Feed